Breaking News:

Penanganan Covid

Satgas: Kerumunan Warga di Pusat Perbelanjaan Berpotensi Timbulkan Klaster Covid-19

Wiku Adisasmito mengatakan bahwa kerumunan yang terjadi di pusat perbelanjaan tersebut berpotensi memunculkan klaster baru Covid-19. 

Tribunnews/Irwan Rismawan
Warga berbelanja di Blok B Pusat Grosir Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (2/5/2021). Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengakui adanya lonjakan pengunjung di pusat tekstil terbesar se-Asia Tenggara tersebut dari sekitar 35.000 pengunjung pada hari biasa menjadi sekitar 87.000 orang pada akhir pekan ini, sehingga pihaknya menyiagakan sekitar 750 petugas untuk menjaga kedisiplinan protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19. Tribunnews/Irwan Rismawan 

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Satgas Penanggulangan Covid-19 menyoroti keramaian pusat perbelanjaan pada akhir pekan kemarin.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19,  Wiku Adisasmito mengatakan bahwa kerumunan yang terjadi di pusat perbelanjaan tersebut berpotensi memunculkan klaster baru Covid-19. 

"Adanya kerumunan di pusat perbelanjaan seperti Minggu lalu sangat berpotensi menjadi titik awal munculnya klaster penularan Covid-19," kata Wiku dalam Konferensi pers virtual yang disiarkan Youtube Sekretariat Presiden, Selasa, (4/5/2021).

Wiku meminta masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan dalam beraktivitas termasuk di pusat perbelanjaan.

Meskipun kasus Covid-19 melandai namun, kata dia angka kematian akibat Covid-19 belum menunjukan perbaikan. 

"Masyarakat juga harus memahami bahwa meskipun angka kasus baru selama beberapa bulan ini telah berangsur-angsur menurun, hal serupa belum kita temui dalam hal angka kematian. Artinya apabila terjadi penularan pada diri kita atau orang terkasih.  Covid-19 masih sangat berpotensi berujung fatal," katanya.

Baca juga: Setelah Kerumunan Pasar Tanah Abang, Muncul Kerumunan Konser Musik di Pasar Minggu

Wiku berharap masyarakat dapat bijaksana dan sangat berhati-hati dalam beraktivitas.

Ia meminta Satgas di daerah untuk sigap dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 di pusat perbelanjaan. 

"Apabila masyarakat tidak mampu berlaku disiplin, maka satgas daerah di bawah kepemimpinan pimpinan daerah dan forkopimda wajib untuk menegakkan kedisiplinan.  Saya minta posko di daerah masing-masing mengawasi dan menindak pelanggaran protokol kesehatan," katanya.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved