Breaking News:

Penanganan Covid

WNI Terinfeksi Corona Varian India Meninggal Dunia

Saat ini sudah menetapkan pengawasan di pintu masuk wilayah Indonesia untuk mengantisipasi adanya imported case.

Courtesy/ Humas Provinsi Maluku
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA -- Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa berdasarkan hasil whole genome sequencing, per tanggal 3 Mei 2021, sejumlah varian virus Corona yang berasal dari luar negeri telah terdeteksi masuk ke Indonesia.

"Berdasarkan data yang bersumber dari GISAID telah ditemukan 13 virus dengan varian b117 atau varian yang asalnya dari Inggris di Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Utara, Bali, Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Utara," kata Wiku dalam Konferensi pers virtual yang disiarkan Youtube Sekretariat Presiden, Selasa, (4/5/2021).

Selain itu, terdapat 2 kasus virus dengan varian asal India atau virus corona B1617 yang ditemukan di Jakarta, dan 1 virus dengan varian b1351 asal Afrika Selatan ditemukan di Bali.

Baca juga: Wiku: Pemerintah Meniadakan Mudik Apapun Bentuknya

"Kementerian Kesehatan telah menginformasikan bahwa WNI yang terinfeksi covid 19 varian Afrika Selatan telah meninggal dunia dan untuk varian B1617 sudah dirujuk ke RSPI Sulianti Saroso," kata dia.

Pemerintah menurut Wiku, saat ini sudah menetapkan pengawasan di pintu masuk wilayah Indonesia untuk mengantisipasi adanya imported case.

Baca juga: Sule Tetap Berikan THR Bagi Karyawan Meski Pemasukannya Berkurang Karena Pandemi Covid-19

Pengetatan dilakukan sebagai upaya mencegah adanya oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dalam meloloskan WNA tanpa karantina.

"Selain itu, sesuai dengan surat edaran dari Ditjen imigrasi Kemenkumham, Pemerintah Indonesia telah melarang masuknya WNA yang memiliki riwayat perjalanan dari India dalam kurun waktu 14 hari terakhir, ataupun berdomisili di negara India," pungkasnya.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved