Breaking News:

Virus Corona

Sembuh Dari Covid-19, Kakek Berusia 70 Tahun Ini Buta Karena Terinfeksi Jamur Putih

Kasus jamur putih telah terdeteksi pada seorang laki-laki berusia 70 tahun yang sebelumnya dirawat karena menderita virus corona di India.

Indianexpress/ representational, Express photo by Abhinav Saha
Satu contoh kasus infeksi jamur putih di India. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, NEW DELHI - Kasus jamur putih telah terdeteksi pada seorang laki-laki berusia 70 tahun yang sebelumnya dirawat karena menderita virus corona atau Covid-19 di Mau Uttar Pradesh, India.

Kemungkinan ini merupakan kasus pertama infeksi jamur putih yang telah dilacak di India, namun ditemukan pada pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Laki-laki berusia 70 tahun itu sebelumnya dirawat di rumah sakit Delhi pada April lalu karena Covid-19.

Ia kemudian diizinkan pulang setelah kondisinya pulih.

Dikutip dari laman India Today, Jumat (21/5/2021), Spesialis Vitreo-Retina, Dr Kshitij Aditya mengatakan kakek tersebut secara konsisten menggunakan steroid setelah sembuh dari Covid-19.

Setelah beberapa waktu menggunakan obat itu, laki-laki tua itu kemudian mengembangkan eye floaters atau zat seperti jelly di dalam mata, lalu secara perlahan kehilangan penglihatannya.

"Pasien ini secara konsisten menggunakan steroid setelah keluar dari rumah sakit dan mengembangkan eye floaters seminggu yang lalu, kemudian kehilangan penglihatan mata secara bertahap. Saat kasus ini sampai ke telinga saya, itu tampak seperti endophthalmitis jamur endogen (infeksi mata yang menyebar melalui darah)," kata Dr Aditya.

Setelah dilakukan biopsi pada vitreusnya, ia memastikan laki-laki itu terinfeksi jamur putih.

Biopsi vitreus adalah pengambilan jaringan tubuh berupa gel atau cairan yang mengisi ruang antara lensa mata dan retina dalm bola mata untuk pemeriksaan laboratorium.

Halaman
12
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved