Breaking News:

Virus Corona

Ada 54 Kasus Varian Baru Corona di Indonesia, Asalnya Dari WNA Taiwan, Singapura dan India

Kasus varian corona baru di Indonesia terus bertambah. Saat ini dilaporkan telah ada 54 kasus varian baru yang tersebar di sejumlah provinsi di Indone

Freepik
Ilustrasi pandemi global akibat Covid-19.Ada 54 Kasus Varian Baru Corona di Indonesia, Asalnya Dari WNA Taiwan, Singapura dan India 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Kasus varian corona baru di Indonesia terus bertambah. Saat ini dilaporkan telah ada 54 kasus varian baru yang tersebar di sejumlah provinsi di Indonesia.

"Total kasus Variant of Concern sampai saat ini adalah 54 kasus, dimana, 18 kasus B117, 4 kasus B1351, dan 32 kasus adalah B1617," papar Kepala Puslitbang Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan Vivi Setiawaty dalam rapat koordinasi yang disiarkan di YouTube Pusdalops BNPB, Minggu (23/5/2021).

Untuk diketahui, Organisasi kesehatan dunia atau WHO menggolongkan B117 dari Inggris, B1351 dari Afrika, maupun B1617 masuk sebagai varian of Concern atau varian yang diwaspadai.

Baca juga: Varian Baru Jadi Ancaman, Menkes Terbitkan Panduan Percepatan dan Pengendalian Covid-19

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 WNI di Amerika Gunakan Vaksin Pfizer

VoC memiliki beberapa karakteristik yang bisa menyebabkan penularan yang lebih cepat (super spreader) dan dapat memengaruhi tingkat keparahan penyakit.

Ia melanjutkan, dari 54 kasus tersebut 35 kasus merupakan kasus yang didapat dari pelaku perjalanan dari Luar Negeri seperti dari Arab Saudi, Ghana, Kongo, maupun India.

Dua dari 47 warga negara asing (WNA) asal Fouzhou, China yang mendarat di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (6/5/2021).
WNA masuk Indonesia  (TribunJakarta.com/Ega Alfreda)

Kemudian 16 kasus lain merupakan kasus tanpa riwayat perjalanan luar negeri atau kasus tranmisi lokal.

"Kemudian ada varian 16 varian tanpa riwayat perjalanan luar negeri yang terdeteksi seperti di Sumatera Selatan, Sumut, Kalimantan Selatan, Bali maupun DKI Jakarta," terangnya.

Adapun 25 kasus varian baru yang dilaporkan per 20 Mei lalu adalah sebagai berikut :

1 kasus B117 berasal dari 1 WNA yang datang dari Taiwan masuk via Jakarta

1 kasus B1617 berasal dari WNA yang datang dari Singapura masuk via Jakarta.

1 kasus B117 berasal dari WNA yang datang India yang masuk.

22 kasus B1617 berasal dari WNA yang datang dari India juga dengan rincian 13 WNA masuk via Cilacap, 3 WNA masuk via Samarinda, 5 WNA masuk via Jakarta, dan 1 WNA masuk via Dumai.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved