Breaking News:

Penanganan Covid

Hasil Studi Ungkap Pentingnya Masker dan Jaga Jarak Meski Sudah Divaksin

Beberapa negara termasuk Indonesia telah menjalani program vaksinasi Covid-19.

Freepik
Ilustrasi Memakai Masker. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Beberapa negara termasuk Indonesia telah menjalani program vaksinasi Covid-19.

Bahkan sejumlah negara mengklaim telah berhasil melaksanakan program vaksinasinya, dimana laju penularan Covid-19 di negara mereka dapat ditekan.

JAMA Network Open melaporkan vaksinasi saja tidaklah cukup dalam mengakhiri pandemi Covid-19.

Langkah pencegahan seperti karantina, menjaga jarak, dan memakai masker tetap dibutuhkan meski telah mengikuti program vaksinasi.

Asisten Profesor dari Program Emergency Medicine pada Universitas North Carolina di Chapel Hill, Mehul Patel bersama rekannya menggunakan model matematika untuk mensimulasikan penyebaran virus corona di antara 10 juta penduduk Carolina Utara.

Baca juga: India Laporkan Tambahan Kasus Baru Covid-19 Terendah: 134.154 Kasus dan 2.887 Orang Meninggal

“Studi kami menyarankan untuk populasi 10,5 juta penduduk, sekitar 1,8 juta infeksi dan 8000 kematian dapat dihindari dalam 11 bulan dengan vaksin yang efikasinya lebih tinggi, cakupan vaksinasi yang lebih luas, dan menjaga NPI (non-pharmaceutical interventions) seperti menjaga jarak dan menggunakan masker,” kata Patel.

Para ahli tersebut meggambarkan dalam studinya bahwa lebih baik memberi vaksin dengan efikasi yang lebih rendah kepada banyak penduduk, dari pada memberikan vaksin yang efikasinya lebih tinggi namun kepada sedikit penduduk.

Saat ini, lebih dari setengah populasi Amerika Serikat telah menerima vaksinasi Covid-19 dan 40% dari total populasi telah menerima dosis lengkap.

Baca juga: Ini Saran Dokter Paru Untuk Cegah Long Covid

Seiring dengan meningkatnya cakupan vaksinasi Covid-19 di Amerika Serikat, beberapa negara bagian mulai melonggarkan kebijakan preventif pencegahan Covid-19.

Halaman
12
Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved