Breaking News:

Virus Corona

Atasi Lonjakan Kasus Covid-19, TNI Tambah Prajurit yang Bertugas Jadi Satgas PPKM Mikro

Beragam upaya TNI berperan menurunkan lonjakan kasus covid-19 dilakukan di berbagai daerah. Salah satunya penebalan anggota TNI di posko PPKM Mikro.

Tribun Jabar/Zelphi
Tim Satgas Penanganan Covid-19 mengunjungi rumah warga yang menjalani isolasi mandiri karena terpapar virus Covid-19. Atasi Lonjakan Kasus Covid-19, TNI Tambah Prajurit yang Bertugas Jadi Satgas PPKM MikroTribun Jabar/Zelphi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, PATI - Beragam upaya TNI berperan menurunkan lonjakan kasus covid-19 dilakukan di berbagai daerah. Salah satunya penebalan anggota TNI di posko PPKM Mikro.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto didampingi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito memimpin rapat terkait penanganan Covid-19 di Kabupaten Pati Jawa Tengah di pendopo Kabupaten Pati pada Sabtu (5/6/2021).

Baca juga: PPKM Mikro Tingkatkan Okupansi Penumpang Transportasi Umum di DKI Jakarta

Baca juga: Penularan Covid-19 Masih Sangat Masif, Panglima TNI Ingatkan Lagi Pentingnya Masker Jad Senjata

Dalam kunjungan tersebut Hadi berdialog langsung dengan Kadinkes Kabupaten Pati dr Edy Siswanto membahas kondisi Pandemi Covid-19 saat ini serta langkah-langkah penanganan Covid-19 di Pati.

Hadi menekankan perlunya rencana kontijensi yang baik untuk mengantisipasi lonjakan kasus positif serta sinergi seluruh komponen di daerah agar penanganan Pandemi berjalan optimal.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto didampingi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito usai memimpin rapat terkait penanganan Covid-19 di Kabupaten Pati Jawa Tengah di pendopo Kabupaten Pati pada Sabtu (5/6/2021).
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto didampingi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito usai memimpin rapat terkait penanganan Covid-19 di Kabupaten Pati Jawa Tengah di pendopo Kabupaten Pati pada Sabtu (5/6/2021). (Puspen TNI)

"TNI-Polri akan melakukan penebalan (Penambahan) Prajurit TNI dan Anggota Polri yang akan bertugas sebagai anggota Satgas PPKM Mikro. Nantinya mereka ditempatkan di pos-pos yang telah ditentukan," kata Hadi dalam keterangan resmi Puspen TNI pada Sabtu (5/6/2021).

Adanya penebalan personel TNI Polri di lapangan, kata dia, juga untuk membantu pelaksanaan 3T (Testing, Tracing dan Treatment).

Dengan demikian, kata dia, diharapkan Covid-19 di Kabupaten Pati dapat dikendalikan.

Hadi juga berharap kemampuan pelaksanaan PCR Test dan alat kesehatan serta tenaga kesehatan dapat ditingkatkan.

Petugas PPKM Mikro, kata dia, juga harus mengendalikan mobilitas masyarakat karena saat ini di Kabupaten Pati terdapat klaster kasus akibat mobilitas warga.

"Tentunya para personel di lapangan juga harus menegakan disiplin protokol kesehatan di tengah masyarakat. Karena meski sudah divaksin bukan berarti kebal, tetap harus disiplin menjalankan protokol kesehatan dan jadikan protokol kesehatan sebagai kebutuhan inti dalam kehidupan sehari-hari," kata Hadi.

Hadi juga mengatakan bahwa TNI-Polri akan memperkuat fungsi dari Posko PPKM sehingga bisa mendapatkan data kasus positif, kesembuhan, dan kematian.

"TNI-Polri juga akan membantu mengawasi kegiatan Prokes diruang-ruang publik dan mengingatkan kepada masyarakat pentingnya menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan," kata Hadi.

Usai melaksanakan rapat, Hadi dan rombongan meninjau pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 kepada 200 orang anggota masyarakat di RS Marga Husada Pati.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved