Breaking News:

'Peluru Terakhir' RSDC Wisma Atlet jika Pasien Covid-19 Terus Melonjak

Untuk ketersediaan tempat tidur, Arifin mengatakan pihaknya akan menyiapkan alternatif menambah satu tempat tidur di dalam kamar.

HandOut/Istimewa
Suasana di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Komandan Lapangan Rumah Sakit Darurat Covid-19  atau RSDC Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, Letkol Marinir M Arifin bicara soal antisipasi rumah sakit jika ada lonjakan pasien Covid-19 yang dirujuk.

Diketahui, total kini RSDC Wisma Atlet merawat sebanyak 4.836 pasien di empat tower.

"Jadi alhamdulillah sudah siap semua dari nakes logistik dan farmasi obat-obatan juga sudah siap, termasuk ketersediaan bed ada rencana alternatif nanti dilakukan," kata Arifin di RSDC Wisma Atlet, Kemayoran, Minggu (13/6/2021).

Untuk ketersediaan tempat tidur, Arifin mengatakan pihaknya akan menyiapkan alternatif menambah satu tempat tidur di dalam kamar.

Baca juga: Presiden Jokowi Minta Satgas Covid-19 Percepat Proses Testing dan Perkuat Tracing

"Alternatif pertama kita sebenarnya 5.994 bed itu ada sebagian bed yang tidak dipakai dalam satu kamar. Harusnya tiga, tapi anya dipakai dua selama ini. ini sebagai senjata terakhir, peluru terakhir kita yang akan kita luncurkan kita tembakkan," katanya

"Setelah nanti kalau memang ini tak terkendali masuknya, nanti bed yang ketiga akan diaktifkan, nanti akan menambah lumayan lah sekitar 2000 bed, jadi bisa menambah keterisiannya sekitar 30 persen," tambah Arifin.

Baca juga: Langkah Korlantas Polri untuk Menangkal Penyebaran Covid-19 Dapat Pujian

Namun, Arifin berharap hal tersebut tidak terjadi

"Mudah-mudahan 1.300 itu tersetop menurunlah, sehingga bed yang ketiga tak terpakai," katanya.

Diketahui, Arifin mengatakan per 13 Juni, ada sebanyak 329 yang dirawat, sehingga total yang dirawat sebanyak 4.836 pasien.

Halaman
12
Penulis: Reza Deni
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved