Breaking News:

Penanganan Covid

Akhir Juni Diprediksi Puncak Kasus Covid-19 di RI, Ketua MPR: Cari Inovasi untuk Mencegah

Ahli Epidemiologi dari Griffith University Australia memprediksi puncak lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia akan terjadi pada akhir Juni 2021.

freepik
Ilustrasi Covid-19 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ahli Epidemiologi dari Griffith University Australia memprediksi puncak lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia akan terjadi pada akhir Juni 2021.

Menanggapi hal itu, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) pun minta pemerintah menjadikan perhatian terhadap prediksi ahli Epidemiologi tersebut dalam penanganan Covid-19

Segera melakukan inovasi yang mendasar dalam pelaksanaan 3T yaitu pemeriksaan (testing), pelacakan (tracing), dan perawatan (treatment), untuk mencegah terjadinya lonjakan tinggi kasus Covid-19 di tahun 2021.

"Meminta pemerintah melakukan kolaborasi antar sektor di pemerintahan secara tepat dan berdasarkan prioritas sesuai kondisi saat ini, seperti di sektor ekonomi dan kesehatan," kata Bamsoet dalam keterangannya, Rabu (16/6/2021).

Baca juga: Jakarta Memasuki Fase Amat Genting Penyebaran Covid-19, Pasien di Wisma Atlet Mengantre

Bamsoet menambahkan, MPR berpendapat bahwa saat ini pemerintah harus lebih menggencarkan dan fokus pada sektor kesehatan, disamping tetap memperhatikan dan memperbaiki sektor ekonomi masyarakat.

Lebih lanjut, mantan Ketua DPR RI ini meminta pemerintah berupaya melakukan langkah mitigasi guna mengantisipasi meningkatnya angka kematian akibat covid-19.

Tentunya, agar tidak menimbulkan kekacauan di fasilitas pelayanan kesehatan, serta tetap memantau kurva pandemi di setiap daerah agar dapat dilakukan langkah yang tepat dalam penanganan terhadap daerah yang memiliki angka penyebaran Covid-19 yang tinggi.

"Meminta peran pemerintah daerah untuk memperkuat pelaksanaan 3T dan mengedukasi serta memberikan literasi kepada masyarakat agar selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-hari," jelasnya.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved