Breaking News:

Penanganan Covid

Kasus Covid-19 Melonjak, Ketua DPR Ajak Seluruh Komponen Bangsa Fokus Menanganinya

Ketua DPR RI Puan Maharani berharap semua komponen bangsa bergotong-royong fokus menangani pandemi Covid-19.

Tribun Jateng/Hermawan Handaka
Sejumlah tenaga medis sedang menangani pasien di Instalasi Gawat Darurat (IGD) yang penuh hingga sebagian pasien harus dirawat di selasar depan IGD RSUP Dr Kariadi, Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (15/6/2021). Kondisi tersebut juga terjadi pada sejumlah rumah sakit di Kota Semarang bersamaan dengan meningkatnya kasus Covid-19. Tribun Jateng/Hermawan Handaka 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani berharap semua komponen bangsa bergotong-royong fokus menangani pandemi Covid-19.

Dia mengajak masyarakat terlibat dalam usaha menangani penyebaran virus corona.

"DPR mengajak seluruh komponen bangsa fokus menangani Covid-19," kata Puan kepada wartawan di Jakarta, Rabu (16/6/2021).

Mantan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan itu mengapresiasi seluruh pihak yang tidak kenal lelah menangani pandemi Covid-19. 

Baca juga: Jadi Zona Merah, Klaster Keluarga Dominasi Penularan Covid-19 di Kabupaten Bandung

Secara khusus, apresiasi disampaikan Puan untuk seluruh tenaga kesehatan yang berjuang di garda terdepan selama pandemi Covid-19 melanda Indonesia lebih dari setahun ini. 

"Terima kasih dan harapan besar kami pada seluruh tenaga kesehatan untuk terus berjuang di garda terdepan dalam melalui masa sulit ini," ungkap Puan. 

"Kami memahami jika ketidakpastian akibat pandemi ini membuat lelah. Tapi yakinlah, tenaga kesehatan adalah pahlawan kemanusiaan yang menjadi tulang punggung dalam penanganan pandemi Covid-19," imbuhnya. 

Selanjutnya, Puan meminta pemerintah mempertimbangkan masukan-masukan dari berbagai pihak, termasuk dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan organisasi kesehatan lainnya, untuk menangani ledakan kasus Covid-19 pasca mudik Lebaran.

Ledakan kasus Covid-19 itu membuat keterisian rumah sakit (bed occupancy ratio/BOR) di sejumlah daerah mengalami lonjakan.

Diantaranya di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten, dan DI Yogyakarta.

"Kita semua bisa berperan membantu penanganan Covid-19 ini. Masyarakat membantu meringankan beban tenaga kesehatan yang sudah lelah dengan makin disiplin menerapkan protokol kesehatan," pungkas Puan. 

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved