Breaking News:

Hari Bhayangkara

HUT Bhayangkara, Kapolri Akselerasi Penanganan Covid-19 Targetkan Vaksinasi 1 Juta Orang Per Hari

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan akselerasi guna mengejar target Pemerintah melakukan vaksinasi satu juta orang per hari.

Editor: Adi Suhendi
TRIBUNNEWS.COM/PUSPEN TNI
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. mendampingi Presiden RI Ir. Joko Widodo saat meninjau langsung pelaksanaan Vaksinasi Massal bagi masyarakat, bertempat di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri, Jl. Trunojoyo No. 3 Jakarta Selatan, Sabtu (26/6/2021). Selain dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-75 tahun 2021, Vaksinasi Massal ini juga merupakan Instruksi Presiden RI Joko Widodo untuk mencapai 1 juta vaksin sehari. Turut serta mendampingi Presiden Joko Widodo diantaranya Menteri Kesehatan Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU, Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. dan Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M. TRIBUNNEWS.COM/PUSPEN TNI 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan akselerasi guna mengejar target Pemerintah melakukan vaksinasi satu juta orang per hari.

Hal tersebut dilakukan guna menciptakan kekebalan kelompok atau herd immunity dari virus corona atau Covid-19.

Akselerasi vaksinasi yang dilakukan Polri seiring momentum hari Bhayangkara ke-75.

Sigit menyebut, dengan dilaksanakannya program tersebut, maka Polri dan 34 Polda menjadi institusi yang pertama menggelar vaksinasi massal dengan target 1 juta lebih per hari.

Diketahui, Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) pun meninjau langsung kegiatan yang diinisiasi Polri tersebut di Lapangan Bhayangkara, Jakarta Selatan, Sabtu (26/6/2021) kemarin.

"Untuk memenuhi target 1 juta orang per hari, kami perlu melakukan percepatan program vaksinasi dengan pengorganisasian yang tepat," kata Sigit dalam keterangan tertulisnya, Minggu (27/6/2021).

Baca juga: Kasus Covid-19 Terus Melonjak, Kadin Daerah Diimbau Tak Hadiri Munas di Kendari

Lanjut kata Kapolri, target tersebut tercapai sesuai dengan tema Hari Bhayangkara tahun ini, yakni 'Transformasi Polri Yang Presisi Mendukung Percepatan Penanganan Covid-19 Untuk Masyarakat Sehat dan Pemulihan Ekonomi Nasional Menuju Indonesia Maju'.

Sebagai bentuk transparansi kepada masyarakat, Polri menyiapkan Dashboard Highlight terkait dengan vaksinasi tersebut yang dapat diakses di https://serbuanvaksinasi.polri.go.id/highlight.

Dari dashboard tersebut tercatat sebanyak 1.285.460 terpantau sudah divaksin.

"Publik dapat melihat secara real time total masyarakat yang sudah dilakukan vaksinasi. Serta, provinsi mana yang terendah dan tertinggi jumlah yang telah di vaksin," tutur Sigit.

Baca juga: RS Penuh, DPR Minta Pemerintah Buat Terobosan ‘Telemedicine’ Gratis untuk Pasien Isoman Covid-19

Demi menciptakan data akuntabel, kata Kapolri, pihaknya juga menggandeng Dirjen P2P (Pencegahan dan Pengendalian Penyakit) Kemenkes RI untuk pemantauan jumlah vaksinasi Covid-19.

Hingga saat ini dalam penghitungan lembaga itu setidaknya sudah 1.285.353 orang disuntik vaksin.

Tak hanya itu, kata dia, Polri juga melibatkan Komite Penanganan Covid- 19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC- PEN) dalam penghitungan vaksinasi.

"Dari Dashboard itu tercatat sudah 1.301.663 melakukan vaksinasi," katanya.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved