Breaking News:

Virus Corona

Di atas Kapal Perang TNI AL pun Bisa Dilakukan Vaksinasi

TNI Angkatan Laut mengerahkan unsur KRI Clurit-64 ke Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta untuk dijadikan tempat vaksinasi bagi masyar

Foto: Dinas Penerangan Koarmada I
TNI Angkatan Laut mengerahkan unsur KRI Clurit-64 ke Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta sebagai tempat vaksinasi bagi masyarakat Kepulauan Seribu pada Selasa (29/6/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dalam rangka menyukseskan program pemerintah satu juta vaksinasi per hari, TNI Angkatan Laut mengerahkan unsur KRI Clurit-641 ke Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta untuk dijadikan tempat vaksinasi bagi masyarakat Kepulauan Seribu pada Selasa (29/6/2021).

Vaksinasi untuk masyarakat maritim di wilayah Kepulauan Seribu tersebut merupakan kerjasama TNI AL, Kementerian kesehatan, pemerintah daerah dan instansi terkait lainnya guna memberikan layanan vaksinasi kepada masyarakat yang belum vaksin di Kepulauan Seribu

Dengan menggunakan KRI Clurit-641, tenaga Vaksinator Koarmada I melayani penerima Vaksin yang rata-rata berprofesi sebagai nelayan. 

Ruang yang terbatas tidak menyurutkan semangat para prajurit KRI Clurit-641 dan para vaksinator untuk melaksanakan tugasnya. 

Tidak hanya di kapal, mereka juga turun ke Pulau Kelapa memberikan vaksin bagi penduduk Pulau Kelapa yang tidak memungkinkan ke Kapal Perang. 

Baca juga: 3 Kotamaops TNI AU Targetkan 13.630 Warga Divaksin Hari ini

Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid K yang memantau langsung pelaksanaan vaksinasi di wilayah kerja Koarmada I mengatakan serbuan vaksinasi massal dengan sasaran masyarakat maritim dilaksanakan guna percepatan program Vaksinasi nasional sesuai instruksi Presiden RI Joko Widodo yang telah memerintahkan kepada TNI-Polri untuk bersinergi dengan kementerian kesehatan, pemerintah daerah dan instansi terkait dengan target 1 juta vaksin perhari.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, kata dia, telah menunda Latihan Puncak TNI AL Armada Jaya ke-39 dan memerintahkan jajarannya untuk membantu pelaksanaan program vaksinasi Nasional ini dengan mengerahkan seluruh potensi yang dimiliki TNI AL termasuk penggunaan Kapal Perang.

KRI Clurit-641 yang sebelumnya disiapkan untuk mengikuti latihan puncak TNI AL Armada Jaya tersebut, kata dia, kini ditugaskan untuk menyasar pulau-pulau di kepulauan seribu guna memberikan Vaksinasi kepada masyarakat maritim di Kepulauan Seribu

"Diterjunkan 8 vaksinator TNI AL, bekerjasama dengan 4 vaksinator dari Puskesmas Kepulauan Seribu Utara, dalam kegiatan vaksinasi yang dijadwalkan selama dua hari ini," kata Rasyid dalam keterangan resmi Dinas Penerangan Koarmada I pada Rabu (30/6/2021).

Dalam pelaksaanaan vaksinasi hari pertama kemarin, tercatat 116 orang berhasil divaksin dari 250 orang terdaftar.

Penulis: Gita Irawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved