Breaking News:

Virus Corona

Direktur CDC AS: Warga Amerika yang Divaksinasi, Tidak Wajib Memakai Masker Setiap Saat

Terutama terkait penggunaan masker untuk menekan angka penyebaran varian B.1.617.2 (delta) yang dianggap sangat menular.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Hendra Gunawan
CDC
Simak cara memakai masker ganda yang benar untuk mencegah penyebaran Covid-19 varian baru. Kenakan masker bedah lebih dulu, kemudian lapisi dengan masker kain. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) baru-baru ini kembali menegaskan peringatannya setelah para pejabat lembaga tersebut meminta semua orang termasuk mereka yang telah divaksinasi virus corona (Covid-19), untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

Terutama terkait penggunaan masker untuk menekan angka penyebaran varian B.1.617.2 (delta) yang dianggap sangat menular.

Perlu diketahui, strain tersebut saat ini aktif menyebar di 92 negara.

Namun Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS) Dr. Rochelle Walensky menekankan pada hari Rabu kemarin bahwa orang yang telah divaksinasi tidak diwajibkan memakai masker pada sebagian besar situasi.

Baca juga: Cek Masker Medis Asli atau Palsu Sebelum Membeli, Begini Caranya

Dikutip dari laman Sputnik News, Kamis (1/7/2021), Walensky menyampaikan kepada publik Amerika selama wawancaranya dengan NBC Today bahwa lembaga kesehatan secara efektif menyerahkannya kepada pejabat setempat untuk menetapkan pedoman praktik penggunaan masker.

"Pembuat kebijakan setempat perlu membuat kebijakan untuk lingkungan lokal mereka," kata Walensky.

Ia kemudian menekankan bahwa langkah-langkah seperti itu perlu diambil, terutama di tempat-tempat di mana tingkat vaksinasi yang rendah telah mendorong lonjakan kasus infeksi baru.

Baca juga: Kemenhub Kirim 2 Juta Masker dan Sembako untuk Insan Transportasi Seluruh Indonesia

"Kebijakan itu bukan untuk melindungi yang divaksinasi, tapi untuk melindungi yang tidak divaksinasi. Jika anda telah divaksinasi, anda aman dari varian yang beredar di sini, di Amerika Serikat," jelas Walensky.

Menanggapi seruan WHO baru-baru ini terhadap mereka yang divaksinasi untuk tetap memakai masker, Walensky mengakui bahwa rekomendasi tersebut dikeluarkan dengan mempertimbangkan aspek global, pertimbangan yang sebagian besar menyentuh kasus delta yang mengalami peningkatan di luar negeri.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved