Breaking News:

Virus Corona

Wagub DKI Akui Masih ada Kekhawatiran Vaksinasi Bagi Lansia

Ahmad Riza Patria tak menyangkal masih adanya kekhawatiran masyarakat terkait vaksinasi, khususnya vaksinasi untuk para lansia.

Warta Kota/Henry Lopulalan
Suasana pemberian vaksin masal yang di laksanakan di Unvesitas Pamulang, Tangerang Selatan, Selasa (29/6/2021). Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Kesehatan menggelar vaksinasi Covid-19 massal Teraskota Mall BSD atau Universitas Pamulang atau Bintaro Xchange. Vaksinasi ini dibuka untuk lansia, pra lansia, tenaga pendidik dan warga umum dengan usia 18 tahun ke atas. Syarat untuk bisa mengikut vaksinasi ini yaitu KTP Kota Tangerang Selatan. (Warta Kota/Henry Lopulalan) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria tak menyangkal masih adanya kekhawatiran masyarakat terkait vaksinasi, khususnya vaksinasi untuk para lansia.

"Kita tidak menafikan masih adanya rasa khawatir di sebagian masyarakat untuk mengikutsertakan lanisa dalam program vaksinasi," ucap Riza dalam diskusi daring, Jumat (2/7/2021).

Guna mengatasi persoalan tersebut, Pemprov DKI selaku pemerintah daerah tak berhenti melakukan sosialisasi.

Salah satunya dengan menjabarkan manfaat dan tujuan vaksinasi bagi lansia. Yakni untuk menguatkan kekebalan tubuh dari paparan Corona, memperlambat laju penyebarannya, dan menurunkan angka kematian akibat Covid-19.

"Manfaat vaksinasi ini juga untuk menurunkan angka kematian akibat Covid-19. Jadi kita harus saling mendukung untuk melakukan vaksinasi sebagai bentuk rasa sayang untuk melindungi diri kita dan warga DKI yang lain," ucapnya.

"Sudah saatnya kita bangkit dan menguatkan kesadaran bersama bahwa pandemi ini harus kita lawan dengan kolaborasi," jelas Riza.

Adapun berdasarkan data vaksinasi per 1 Juli 2021, total dosis 1 saat ini sebanyak 4,49 juta atau 51 persen dari target 8,8 juta vaksin DKI. Jumlah dosis harian sebesar 132 ribu orang. Sementara total dosis 2 mencapai 1,9 juta orang atau 21 persen.

Baca juga: 5 Provinsi di Pulau Jawa Sumbang Angka Kematian Tertinggi Akibat Covid-19, Mayoritas Lansia

Capaian vaksinasi untuk warga usia 12-17 tahun, untuk dosis 1 mencapai 0,1 persen. Sedangkan, warga usia 18-59 tahun, untuk dosis 1 telah mencapai 49,3 persen dan vaksinasi dosis 2 mencapai 17,6 persen.

Lalu, pada kelompok lansia, vaksinasi dosis 1 telah mencapai 65,8 persen dan vaksinasi dosis 2 mencapai 58,7 persen.

"Kita harus menguatkan kekebalan tubuh, memperlambat laju penyebaran Covid-19, dan terus komitmen untuk lepas dari Covid-19," pungkas Riza.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved