Breaking News:

Virus Corona

Politikus PKS Desak Pemerintah Segera Turun Tangan Atasi Kelangkaan Oksigen di RS Sardjito

Anggota DPR RI Fraksi PKS asal DIY, Sukamta menyatakan belasungkawa dan duka cita yang mendalam atas meninggalnya 63 pasien di RS Sardjito.

Penulis: chaerul umam
Editor: Adi Suhendi
Oji/Man (dpr.go.id)
Anggota DPR RI dari Fraksi PKS, Sukamta. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - 63 pasien di Rumah Sakit Umum Pusat Dr Sardjito, Yogyakarta, dikabarkan meninggal dalam sehari, Sabtu (3/7/2021).

Hal tersebut dipicu karena keterlambatan pasokan oksigen.

Anggota DPR RI Fraksi PKS asal DIY, Sukamta menyatakan belasungkawa dan duka cita yang mendalam atas kejadian tersebut.

Menurutnya keterlambatan pasokan oksigen tersebut sangat tragis dan harus segera diantisipasi agar tidak terulang.

"Pak Menkes seminggu yang lalu menyatakan menjamin pasokan oksigen untuk rumah sakit, ternyata di RS Sarjito dan beberapa rumah sakit di DIY alami kelangkaan oksigen. Bahkan Polri hingga para produsen juga mengatakan menjamin ketersediaan oksigen," kata Sukamta kepada wartawan, Minggu (4/7/2021).

"Kenyataannya di Yogyakarta, RS Sardjito dan beberapa rumah sakit terjadi kelangkaan. Antara jaminan Pak Menkes dengan kondisi lapangan tidak sesuai. Dengan kondisi RS yang saat ini sudah kedodoran tangan pasien covid, kelangkaan oksigen ini akibatnya sangat fatal," imbuhnya.

Baca juga: LaporCovid19: Rumah Sakit Kolaps dan ICU Penuh, Layanan Pencarian RS Ditutup

Sebab itu, Wakil Ketua Fraksi PKS ini meminta Menteri Kesehatan untuk mengecek di lapangan dan segera turun tangan.

Menurutnya, sangat penting dalam situasi darurat saat ini untuk terus cek kondisi lapangan, tidak hanya cukup tiap hari.

"Jika perlu tiap jam dan tiap menit. Supaya semua perkembangan di lapangan yang terjadi di daerah-daerah diketahui dengan baik dan bisa segera diantisipasi. Mohon jangan sampai kelangkaaan oksigen ini terjadi, yang dipertaruhkan nyawa," ujarnya.

Baca juga: Gas Oksigennya Dipakai Merawat Pasien Covid, Omset Pedagang Ikan di Cianjur Anjlok Hingga 50 Persen

Lebih lanjut Sukamta juga mengusulkan sebagai antisipasi jangka panjang agar setiap rumah sakit bisa difasilitasi pemerintah untuk dilengkapi generator oksigen.

"Prediksi dari para ahli, pandemi covid ini bisa terjadi dalam beberapa gelombang. Maka ledakan jumlah pasien ke rumah sakit bisa terjadi kapan saja. Maka setiap rumah sakit perlu diperkuat dengan fasilitas kesehatan yang memadai. Termasuk yang sangat krusial adalah kebutuhan oksigen. Pemerintah dalam hal ini bisa fasilitasi pengadaan generator oksigen di rumah sakit di daerah-daerah," katanya.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved