Breaking News:

Virus Corona

Kemenkes Gandeng 11 Platform Ini Hadirkan 'Telemedicine Gratis' Bagi Pasien Isolasi Mandiri

Mengantisipasi lonjakan pasien covid-19 yang terpaksa melakukan isolasi mandiri, Kemenkes menggandeng 11 platform layanan kesehatan daring (telemedici

Jones Day
Ilustrasi. Kemenkes Gandeng 11 Platform Ini Hadirkan 'Telemedicine Gratis' Bagi Pasien Isolasi Mandiri 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mengantisipasi lonjakan pasien virus corona (Covid-19) yang terpaksa melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akhirnya menggandeng 11 platform layanan kesehatan daring (telemedicine).

Ini dilakukan agar para pasien yang sedang isoman itu tetap dapat mengakses pelayanan seperti konsultasi dengan dokter hingga memperoleh obat-obatan secara gratis.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa ini merupakan bukti bahwa pasien yang tengah isoman pun tetap mendapatkan perhatian pemerintah melalui telemedicine.

Baca juga: Penuhi Lonjakan Permintaan Oksigen di RS, Kemenkes Pilih Opsi Konversi Gas Industri hingga Impor

Baca juga: RS Penuh, DPR Minta Pemerintah Buat Terobosan ‘Telemedicine’ Gratis untuk Pasien Isoman Covid-19

"Obat-obatan dibantu ditanggung oleh teman-teman telemedicine, (dari) startup dan Kemenkes. Jadi saya ucapkan terima kasih kepada 11 platform telemedicine. Ada Halodoc, Get Well, Good Doctor, Alodokter, dan lainnya," ujar Budi Gunadi, dalam konferensi pers virtual bertajuk 'Layanan Telemedicine untuk Pasien Isoman', Senin (5/7/2021) pagi.

Ia kemudian menekankan bahwa layanan telemedicine yang diberikan atas kerja sama Kemenkes dan 11 platform tersebut adalah 'layanan gratis', sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dipungut biaya.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, dalam konferensi pers virtual bertajuk 'Layanan Telemedicine untuk Pasien Isoman', Senin (5/7/2021) pagi.
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, dalam konferensi pers virtual bertajuk 'Layanan Telemedicine untuk Pasien Isoman', Senin (5/7/2021) pagi. (Capture zoom meeting)

"Semua ini diberikan secara gratis sebagai kontribusi dari 11 platform dan obat-obatannya dari Kemenkes," kata Budi Gunadi.

Menariknya, selain pelayanan ini berbasis digital, para pasien isoman dengan kategori Orang Tanpa Gejala (OTG) pun akan mendapatkan pengiriman berupa paket berisi obat-obatan.

Begitu pula dengan pasien yang memiliki gejala ringan, mereka akan memperoleh obat-obatan tanpa membayar.

Selain itu, pasien yang memanfaatkan telemedicine hasil kerja sama Kemenkes dengan 11 platform itu akan mendapatkan layanan uji Polymerase Chain Reaction (PCR) yang telah teeintegrasi, untuk mengetahui apakah ia positif Covid-19 atau tidak.

Halaman
12
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved