Breaking News:

Penanganan Covid

Target 1 Juta Vaksinasi Covid-19 di Indonesia Tercapai pada Juli

Pemerintah terus mengupayakan akselerasi vaksinasi di tengah lonjakan kasus Covid-19 ini.

Capture zoom meeting
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, dalam konferensi pers virtual bertajuk 'Layanan Telemedicine untuk Pasien Isoman', Senin (5/7/2021) pagi. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah terus mengupayakan akselerasi vaksinasi di tengah lonjakan kasus Covid-19 ini.

Presiden Jokowi menargetkan Kementerian Kesehatan pada bulan Juli ini melakukan penyuntikan 1 juta dosis per hari dan terus ditingkatkan hingga lebih dari 2 juta.

"Pak Presiden mengharapkan agar dipastikan 1 juta vaksinasi di Juli ini terus dicapai dan beliau ingin Agustus 2 juta dan beliau juga menambahkan kalau perlu dinaikan sampai 5 juta," ujar Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers virtual, Selasa (6/7/2021).

Baca juga: Sasar Masyarakat Maritim dan Para Pelaut, Ditjen Hubla Gelar Vaksinasi Covid-19 Massal

Sebelumnya saat rapat dengar pendapat dengan Komisi IX DPR,  Menkes Budi menyebut pencapaian target 1 juta dosis per hari baru terlaksana 3 kali.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada Sabtu (26/6/2021), pemerintah berhasil mencapai 1.316.078 orang yang mendapatkan vaksin Covid-19 dalam sehari.

"Kita sudah menembus angka 1 juta suntikan, pengamatan saya sudah ada 3 hari yang kita menembus 1 juta dengan titik tertinggi di 1,3 juta lebih," kata dia.

Diketahui total vaksinasi yang telah dicapai Indonesia adalah lebih dari 40 juta dosis, dimana 32,12 juta lebih dosis pertama dan 13,98 dosis untuk dosis kedua.

Rata-rata vaksinasi yang dilakukan 26 Juni hingga 3 Juli ini adalah sekitar 900 ribu suntikan per hari.

Menkes Budi juga mengungkapkan, TNI dan Polri akan membantu mengejar target vaksinasi 1 juta orang per hari.

Diharapkan TNI dan Polri dapat membentuk sentra vaksinasi Covid-19.

"Untuk itu juga sudah menugaskan TNI dan Polri untuk mendampingi vaksinasi program melalui pemerintah daerah untuk bisa melakukan vaksinasi sampai 400 ribu per hari. Sehingga 600 ribu per hari akan melalui jalur pemerintah daerah sedangkan 400 ribu per hari akan dilakukan melalui jalur sentra TNI dan Polri," jelas Menkes dalam konferensi pers pada Juni lalu.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved