Breaking News:

Virus Corona

Ketahui Kriteria Anak Boleh Mengikuti Vaksinasi Covid-19

Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga menjadi sasaran target program vaksinasi covid-19 untuk mengendalikan pandemi.

ist
ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga menjadi sasaran target program vaksinasi covid-19.

Vaksin untuk anak merupakan upaya pemerintah untuk mengendalikan pandemi. Sebab, Vaksin merangsang timbulnya pembentukan antibodi dari tubuh. 

Menurut dr Eva Devita Harmoniati, Sp A (K) penyelenggaraan vaksin penting untuk dilakukan.

Baca juga: Jemput Bola, Pemkot Semarang Lakukan Vaksinasi Keliling

Pemerintah sudah mengizinkan pemberian vaksin untuk usia 12-17 tahun. Namun, ada beberapa kriteria yang harus dimiliki oleh sang anak. 

Apa saja kriterianya?

1. Tidak memiliki penyakit kronis

2. Tidak sedang mengonsumsi obat-obatan untuk sistem pertahanan tubuh

3. Anak tidak mengalami kanker atau mendapatkan pengobatan kemoterapi atau radioterapi

"Kenapa penting diimunisasi?

"Karena anak anak ini adalah anak-anak yang aktif. Mereka banyak bergerak, bertemu dengan orang, ketika bertemu berbagai orang, besar kemungkinan tertular besar sekali," ungkapnya pada siaran Radio Kesehatan, Jumat (22/7/2021).

VAKSINASI PELAJAR - Petugas kesehatan melakukan vaksinasi COVID-19 kepada pelajar dalam Serbuan Vaksinasi COVID-19 di GOR Bola Basket AAL Bumimoro, Rabu (21/7/2021). Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) melaksanakan vaksinasi COVID-19 yang diperuntukkan untuk anak usia 12 - 17 tahun guna mewujudkan kekebalan komunal atau 'herd immunity' menuju Indonesia sehat. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
VAKSINASI PELAJAR - Petugas kesehatan melakukan vaksinasi COVID-19 kepada pelajar dalam Serbuan Vaksinasi COVID-19 di GOR Bola Basket AAL Bumimoro, Rabu (21/7/2021). Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) melaksanakan vaksinasi COVID-19 yang diperuntukkan untuk anak usia 12 - 17 tahun guna mewujudkan kekebalan komunal atau 'herd immunity' menuju Indonesia sehat. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ (SURYA/SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ)

Selain itu anak-anak mungkin tidak sakit atau hanya bergejala ringan. Tapi bisa menjadi kelompok orang tanpa gejala dan menularkan orang-orang di rumah.

Baca juga: Menag Ajak Tokoh Agama Beri Pencerahan pada Masyarakat Mengenai Pentingnya Vaksinasi Covid-19

"Bisa menularkan pada kakek nenek, bunda, ayah dan itu berbahaya. Makanya saat ini anak 12 hingga 17 diizinkan divaksin sehingga tidak menjadi menular bagi orang rumahnya," katanya lagi. 

Namun ada yang harus diingat, saat menerima vaksinasi bukan berarti tidak tertular. Tapi dengan mendapatkan vaksinasi, anak akan punya antibodi dengan virus covid-19. 

Kalau pun kena Covid-19 gejala penyakit tidak terlalu berat dan tidak membutuhkan perawatan sampai dibawa ke rumah sakit.

Penulis: Aisyah Nursyamsi
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved