Breaking News:

Virus Corona

BNPB: Donasi Kaos Oblong Bekas untuk Petugas Medis dan Relawan Satgas Covid-19 Hoaks

BNPB memastikan berita yang beredar di jejaring sosial mengenai donasi kaos oblong bekas untuk petugas medis dan relawan Satgas Covid-19 adalah hoaks

Istimewa
Berita mengenai donasi kaos oblong bekas untuk petugas medis dan relawan Satgas Covid-19 adalah hoaks atau berita palsu. 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - BNPB memastikan berita yang beredar di jejaring sosial mengenai donasi kaos oblong bekas untuk petugas medis dan relawan Satgas Covid-19 adalah hoaks atau berita palsu.

"Berita hoaks dengan konten informasi serupa pernah tersebar di jejaring sosial whatspp pada April 2020 lalu," ujar Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam siaran persnya, Jumat (23/7/2021).

Sehubungan dengan hal tersebut, BNPB mengimbau masyarakat untuk lebih bijak dalam menyikapi atau pun menyebarluaskan berita yang dapat memicu kepanikan atau pun ketidaknyamanan masyarakat.

"Pastikan kebenaran berita sebelum menyebarluaskan kembali melalui jejaring sosial atau pun media sosial, seperti melalui aplikasi whatsapp," katanya.

Pemerintah menurut dia telah menyediakan kanal informasi Hoax Buster seputar Covid-19 melalui tautan https://covid19.go.id/p/hoax-buster.

Baca juga: Kehabisan Peti Jenazah, Pasien Covid-19 di Kota Cirebon Dimakamkan Menggunakan Kantong Mayat

Masyarakat dapat mengecek beragam berita atau informasi pada tautan tersebut untuk memastikan kebenaran berita atau informasi.

Sebelumnya beredar pesan di jejaring whatsapp, bahwa relawan serta Nakes di RSDC Wisma Atlet membutuhkan pakaian, karena tidak membawa baju ganti yang cukup.

Baju mereka mudah basah karena keringat setelah menggunakan APD.

Baca juga: Sahroni Minta Polisi dan KPK Usut Kartel Besar Obat Covid-19, Termasuk Bila Ada Pejabat yang Bermain

Dalam pesan palsu tersebut juga mencantut nama Letkol Marinir M Arifin selaku anggota Komando Tugas Gabungan Terpadu.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved