Breaking News:

Virus Corona

Hingga Sore Ini, Krematorium TPU Tegal Alur Sudah Kremasi 14 Jenazah Covid-19

Krematorium Tegal Alur, Jakarta Barat hingga sore ini sudah melakukan kremasi terhadap 14 jenazah yang meninggal karena terpapar Covid-19.

Ferryal Immanuel/Tribunnews.com
Ilustrasi: Petugas kremasi di Krematorium, Cilincing, Jakarta Utara saat mempersiapkan kayu untuk pembakaran jenazah. Jumat (23/7/2023). Tribunnews/Ferryal Immanuel. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ferryal Immanuel

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Krematorium di TPU Tegal Alur, Jakarta Barat hingga sore ini sudah melakukan kremasi terhadap 14 jenazah yang meninggal karena terpapar Covid-19.

Krematorium Tegal Alur yang berada di Jakarta Barat buka pukul 07:00 WIB hingga 18:00 WIB.

"Target kami untuk jenazah di sini kurang lebih perhari hanya menerima 7 jenazah saja, ke depannya kami akan mencoba menambah hingga 8 jenazah," ucap Andreas Sofiandi, Ketua Umum Perkumpulan Sosial Himpunan Bersatu Teguh Sumbar Riau kepada Tribunnews, Minggu (25/7/2021).

Ia menjelaskan, pembukaan krematorium di TPU Tegal Alur merupakan kerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta guna mengurangi penumpukan jenazah di Rumah Duka atau Rumah Sakit.

Andreas menegaskan untuk pelayanan kremasi rencananya akan disediakan selama 6 bulan ke depan.

Jika angka kematian di DKI Jakarta sudah menurun, pihaknya akan menindahkan alat ke daerah yang lebih membutuhkan.

Baca juga: Polres Jakbar Minta Masyarakat untuk Melapor Jika Temukan Adanya Praktik Percaloan Kremasi

"Kami kasihan dengan keluarga yang kesusahan mencari tempat kremasi, karena itu himpunan bersatu teguh peduli mendukung program ini agar dapat terlaksana," ucapnya kepada Tribunnews.

"Untuk jenazah yang sudah dikremasi, nanti kami akan memberikan guci untuk keluarga membawa abu jenazah tersebut," kata Andreas.

Ia juga menjelaska keluarga yang ingin melakukan kremasi di Tegal Alur, Jakarta Barat terbuka untuk umum dengan syarat mendaftar terlebih dahulu.

Namun, untuk proses pelarungan jenazah Covid-19 diluar tanggungjawab pihak himpunan bersatu teguh peduli.

Baca juga: Krematorium Cilincing Sudah Melakukan Kremasi Sebanyak 60 Jenazah

"Nanti kami akan memberikan pilihan 2 guci, nanti pihak keluarga yang membawa abu tersebut kemana abu tersebut akan dibawa," ucapnya.

Ia berharap dengan adanya kremasi di Tegal Alur, Jakarta Barat ini dapat membantu keluarga yang kesusahan mencari tempat kremasi.

"Banyak sekarang dengan berita kartal kremasi, oleh karena itu di tengah situasi pandemi kami mau menolong tanpa dipungut biaya," ucapnya.

Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved