Breaking News:

Virus Corona

Melalui WHO, Indonesia Upayakan Dapat Hak Paten Produksi Vaksin Covid-19

Pemerintah saat ini sedang mengupayakan agar Indonesia bisa memperoleh Hak Paten untuk memproduksi vaksin virus corona (Covid-19)

Foto:capture zoom meeting
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dalam konferensi pers virtual bertajuk 'Update Penanganan Covid-19', Senin (2/8/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah saat ini sedang mengupayakan agar Indonesia bisa memperoleh Hak Paten untuk memproduksi vaksin virus corona (Covid-19) dengan teknologi messenger RNA (mRNA).

Perlu diketahui, langkah 'berbagi hak paten' ini merupakan strategi besar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang dapat mempercepat proses distribusi vaksin ke negara miskin dan berkembang.

Sementara itu, WHO juga selama ini telah melakukan inisiasi program berbagi vaksin COVAX ke negara yang kesulitan mengakses vaksin Covid-19.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa pendekatan untuk hak produksi ini kini sedang dilakukan Indonesia melalui WHO.

"Kita sekarang sedang melakukan pendekatan melalui WHO agar bisa dijadikan hak untuk produksi vaksin teknologi mRNA yang merupakan bagian dari strategi besar WHO," ujar Budi Gunadi, dalam konferensi pers virtual bertajuk 'Update Penanganan Covid-19', Senin (2/8/2021).

Baca juga: Pejabat WHO Telusuri Mengapa Varian Delta Jauh Lebih Menular Dibanding Virus Corona Sebelumnya

Ia kemudian menjelaskan bahwa tahapan selanjutnya akan dilakukan uji tuntas (due diligence) terhadap perusahaan yang diajukan untuk langkah produksi ini, terkait apakah perusahan tersebut sesuai dengan syarat yang ditentukan.

Dalam hal ini, pemerintah menunjuk perusahaan farmasi pelat merah Bio Farma untuk menjadi 'produsen'.

"Rencananya akan dilakukan due diligence ke Bio Farma untuk memastikan kesiapan kita," kata Budi Gunadi.

Bio Farma sebelumnya telah sukses memproduksi bulk vaksin Covid-19 asal China, Sinovac.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved