Breaking News:

Pilpres 2019

Vaksin Covid-19 Moderna untuk Masyarakat Umum Bukan untuk Booster

Jubir Vaksinasi COVID-19 dari Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengingatkan, vaksin Moderna yang didistribusikan untuk masyarakat umum bukan untuk booster.

TRIBUNNEWS/Jeprima
Tampak pada gambar vaksin Covid-19 Moderna yang akan menjadi dosis ketiga atau vaksin booster dan jarum suntik bagi tenaga kesehatan di Puskesmas Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, Senin (9/8/2021). Penyuntikan dosis ketiga itu dimaksudkan untuk memberikan proteksi tambahan kepada petugas kesehatan, terutama bagi yang merawat pasien Covid-19.?Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan?booster? vaksin untuk tenaga kesehatan (nakes) ditargetkan selesai pada minggu kedua Agustus 2021 dengan jumlah nakes yang menjadi prioritas penerima vaksin sebanyak 1.468.764 orang. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 dari Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengingatkan, vaksin Moderna yang didistribusikan untuk masyarakat umum bukan untuk booster.

Vaksin diberikan kepada masyarakat umum yang belum mendapatkan vaksin dosis pertama dan kedua, dengan prioritas ibu hamil dan komorbid.

"Vaksin diberikan kepada masyarakat yang belum menerima suntikan dosis satu dan kedua. Diprioritaskan untuk ibu hamil dan komorbid," ujarnya saat dikonfirmasi, Kamis (12/8/2021).

Baca juga: Per 31 Juli 2021, 48 Organisasi/Perusahaan di Jepang Buang 8.090 Dosis Vaksin Covid-19

Baca juga: Survei: Efek Samping Dosis Booster Vaksin Pfizer Mirip Dosis Kedua

Adapun jumlah vaksin Moderna yang didistribusikan adalah sebanyak 5,1 juta.

Distribusi dilakukan secara bertahap ke 34 provinsi seluruh Indonesia.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi, dalam press conference virtual bertajuk 'Update Whole Genome Sequencing' yang digelar Kementerian Kesehatan, Selasa (4/5/2021) siang.
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi, dalam press conference virtual bertajuk 'Update Whole Genome Sequencing' yang digelar Kementerian Kesehatan, Selasa (4/5/2021) siang. (capture zoom meeting)

Adapun keputusan alokasi Moderna untuk masyarakat umum tertuang dalam surat bernomor SR.02.06II/2025/2021 tentang Alokasi Distribusi Vaksin COVID-19 Moderna-COVAX Facility M2 Agustus 2021.

Kemenkes menginstruksikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Seluruh Indonesia agar memberikan vaksin Covid-19 Moderna kepada peserta yang belum pernah mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Vaksin Covid-19 Moderna diberikan sebanyak 2 (dua) dosis dengan interval 4 minggu sehingga vaksin yang dialokasikan pada minggu ke 2 Agustus 2021 ini untuk memenuhi kebutuhan 2 (dua) dosis sekaligus.

Vaksin COVID-19 Moderna ini disimpan dalam freezer pada suhu -25°C s.d -15°C di Dinas Kesehatan sedangkan pada fasiltas pelayanan kesehatan dapat disimpan pada vaccine refrigerator suhu 2 – 8°C.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved