Breaking News:

Lawan Covid19

Bhabinkamtibmas di Sukoharjo Bantu Penyaluran Bansos untuk Warga

Pemerintah bekerja sama dengan pemerintah daerah, TNI-Polri dalam penyaluran bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat terdampak pandemi cobid-19.

(Shutterstock/Petovarga)
Ilustrasi virus corona, gejala virus corona, gejala Covid-19, pasien virus corona 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah bekerja sama dengan pemerintah daerah, TNI-Polri dalam penyaluran bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Kolaborasi seperti ini salah satunya sudah diterapkan dalam program pembagian Sembilan Bahan Pokok (Sembako) di Sukoharjo, Jawa Tengah.

Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho mengatakan pihaknya secara rutin membagikan beras beserta pelengkap kepada masyarakat terdampak pandemi serta yang tengah melakukan isolasi mandiri.

“Tim Bhabinkamtibmas dan Babinsa sangat memahami situasi di lapangan, tentang siapa saja yang benar-benar membutuhkan bantuan ini. Karena itu, melalui kolaborasi penyaluran sembako ini dapat disalurkan secara tepat," ujar Wahyu dalam Dialog Produktif Rabu Utama: Perkembangan Terbaru Bantuan Sosial yang disiarkan channel Youtube FMB9ID_IKP, Selasa (31/8/2021).

Baca juga: Update Vaksinasi Covid-19: Lebih dari 64 Juta Warga Indonesia Sudah Disuntik Vaksin

Tidak hanya menyalurkan bantuan beras dari pemerintah, kepolisian juga berupaya
memberdayakan produk lokal dalam program tersebut.

Misalnya, menggunakan lele hasil panen kolam budidaya di polsek setempat, atau sayur dan tanaman obat yang ditanam oleh warga, ke dalam paket bantuan yang disalurkan.

"Saat distribusi, kami juga menggunakan kendaraan roda dua agar dapat menjangkau jalan-jalan kecil yang tidak dapat dimasuki mobil," kata Wahyu.

Selain memberikan bantuan, pihak kepolisian juga aktif mengajak warga untuk meningkatkan ketahanan pangan secara mandiri dengan memanfaatkan lahan untuk menanam atau beternak.

Menurutnya, kegiatan seperti ini sangat penting untuk membantu masyarakat untuk bertahan di tengah situasi tekanan ekonomi. 

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved