Breaking News:

Penanganan Covid

1 Juta Penerima Vaksin Covid-19 Tak Ber KTP DKI, Wamenkes : Vaksinasi di Jakarta Perlu Ditingkatkan

Menurut Dante, meski menjadi provinsi dengan capaian vaksinasi tertinggi di Tanah Air.Namun, lebih dari 1 juta orang penerimanya tak ber KTP DKI.

Tribunnews/Irwan Rismawan
Petugas mengecek kesehatan pemulung saat vaksinasi Covid-19 untuk komunitas pemulung di Pulogadung, Jakarta Timur, Minggu (5/9/2021). Unilever Indonesia bekerja sama dengan Sentra Vaksinasi Serviam dan PPIM memberikan vaksinasi Covid-19 kepada 300 anggota komunitas pemulung sehingga mereka dapat bekerja dengan kondisi yang lebih aman dan terlindungi. Selain vaksinasi, Unilever Indonesia juga memberikan edukasi 5M serta menyalurkan paket sembako sebagai apresiasi atas upaya mereka menyukseskan program ini. Tribunnews/Irwan Rismawan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan, pemerintah provinsi DKI Jakarta perlu meningkatkan target vaksinasi covid.-19

Menurut Dante, meski menjadi provinsi dengan capaian vaksinasi tertinggi di Tanah Air.

Namun, lebih dari 1 juta orang penerima vaksinasi bukan warga ber-KTP DKI Jakarta.

Baca juga: Tak Lagi 70 Persen, Wamenkes: Herd Immunity Tercapai Saat Mayoritas Penduduk Terima Vaksin

Baca juga: Gandeng Pemprov DKI Dirikan Sentra Vaksinasi, Golkar Harap Percepat Capaian Angka Vaksin di Ibu Kota

"Di Jakarta (vaksinasi) sudah mencapai 100 persen lebih. Tetapi sekitar 1 juta penduduk yang divaksinasi bukan KTP di DKI Jakarta. Jadi target vaksinasi DKI Jakarta terus kita tingkatkan. Kalau memang diperlukan kita sediakan vaksinnya," ujar Dante dalam sambutan pembukaan sentra vaksinasi FKG UI yang disiarkan virtual, Senin (6/9/2021).

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono dalam sambutan pembukaan sentra vaksinasi FKG UI yang disiarkan virtual, Senin (6/9/2021).
Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono dalam sambutan pembukaan sentra vaksinasi FKG UI yang disiarkan virtual, Senin (6/9/2021). (istimewa)

Pemerintah mengakui masih ada tantangan proses vaksinasi yang belum terselesaikan, yaitu mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk mengikuti vaksinasi.

Terbukti dengan rendahnya capaian vaksinasi yang menyasar kelompok rentan yaitu lansia.

Baca juga: Update Capaian Vaksinasi: 2,7 Juta Pelajar Sudah Mendapat Vaksin Covid-19

Baca juga: Progres Lambat, Wamenkes Imbau Antar dan Temani Lansia saat Vaksinasi

Data menunjukkan apabila sama-sama dirawat di Rumah Sakit, maka yang bukan lansia angka kematiannya mencapai 15 persen.

Sedangkan angka kematian pada lansia menjadi 37 persen.

"Saat ini hanya 25 persen dari lansia yang sudah di vaksinasi. Kita bisa menyisir dengan gerakan-gerakan jemput bola untuk memanggil para lansia untuk bisa divaksinasi. Tentu kita bisa menyelamatkan Bapak kita, Ibu kita, Nenek dan Kakek kita," ungkap Dante.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved