Breaking News:

Virus Corona

Wapres Ma'ruf Amin Tinjau Vaksinasi Covid-19 di RSKGM FKG UI Salemba

Maruf Amin melakukan peninjauan pelaksanaan vaksinasi di Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia.

BPMI Setwapres
Wakil Presiden Maruf Amin melakukan peninjauan pelaksanaan vaksinasi di Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (RSKGM FKG UI), Salemba, Jakarta Pusat, Selasa (7/9/2021). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Presiden Maruf Amin melakukan peninjauan pelaksanaan vaksinasi di Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (RSKGM FKG UI), Salemba, Jakarta Pusat.

Dari informasi yang diterima Setwapres, vaksinasi di RSKGM FKG UI ini bertujuan untuk mendorong percepatan pemberian vaksinasi kepada masyarakat agar herd immunity atau kekebalan kelompok dapat segera terbentuk.

Sebab, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) 2021, dengan jumlah penduduk DKI Jakarta sebanyak 11.2 juta jiwa, maka kekebalan kelompok dapat terbentuk apabila sebanyak 8.3 juta jiwa penduduknya telah menerima vaksinasi Covid-19.

Untuk itu, jajaran civitas akademika UI turut berpartisipasi dalam rangka pemenuhan target ini.

“Kunci terwujudnya keberhasilan penanganan Covid-19 sangat dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah program vaksinasi yang berperan vital dan sangat penting,” kata Wapres Maruf Amin saat peninjauan, Selasa (7/9/2021)

Sebagaimana diketahui pemberian vaksinasi tidak menggantikan implementasi protokol kesehatan di tengah masyarakat.

Baca juga: Metode Baru Diagnosis Covid-19 dengan Berkumur, Bio Farma Kenalkan Produk BioSaliva

Wapres menyebut vaksinasi dapat membantu mengurangi tingkat keparahan seseorang apabila terkonfirmasi positif Covid-19.

Karena itu, dirinya mengimbau agar pelaksanaan protokol kesehatan dan penerapan 3T tetap dilaksanakan dengan ketat.

“Tentunya pelaksanaan vaksinasi harus ditunjang dengan kemampuan pemerintah dan pemerintah daerah untuk meningkatkan upaya 3T (testing, tracing, treatment) dan masyarakat disiplin menegakkan protokol kesehatan 3M,” katanya.

Sebagai informasi, sentra vaksinasi di RSKGM FKG UI Salemba telah melaksanakan kegiatan vaksinasi mulai dari tanggal 6 September 2021 sampai dengan 17 September 2021.

Baca juga: Waspada! Jangan Abaikan Flu, Bisa Perparah Kondisi Covid-19 pada Lansia

Target peserta dari sentra vaksinasi ini adalah 5.000 akseptor dengan target 500 orang per hari yang berasal dari warga sekitar kampus UI Salemba dan masyarakat umum.

Sentra vaksinasi ini juga mendapatkan dukungan dari tenaga kesehatan rumpun Ilmu Kesehatan UI, termasuk Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi, dan juga melibatkan peran serta dari Ikatan Alumni UI (ILUNI).

Penulis: Reza Deni
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved