Breaking News:

Virus Corona

Ketua Aliansi Mahasiswa dan Milenial Indonesia: Mensos ingin Penyaluran Bansos Tepat Sasaran

AMMI, menurut Nurkhasanah, melihat jauh ke balik persoalan, dan mencermati sebab (raison d’etre) di balik kemarahan Menteri Risma

WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN
BANSOS PEDULI SESAMA - Pemkot Tangerang menyalurkan bansos program Tangerang Peduli Sesama kepada 9944 keluarga penerima manfaat ( KPM), sebesar Rp 300 ribu/KPM, Rabu (25/8/2021). Penyaluran bansos ini ditujukan kepada mereka yang belum pernah sama sekali menerima bansos Covid-19 dan terdaftar dalam data terpadu kesejahteraan sosial. WARTA KOTA/NUR ICHSAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Antonius Bramantoro

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Aliansi Mahasiswa dan Milenial Indonesia (AMMI) Nurkhasanah mengatakan memahami dan menganggap wajar bila Menteri Sosial, Tri Rismaharini, sesekali terpampang di layar televisi dan halaman situs berita tengah memarahi kesalahan menyangkut permasalahan Bansos.

AMMI, menurut Nurkhasanah, melihat jauh ke balik persoalan, dan mencermati sebab (raison d’etre) di balik kemarahan Menteri Risma justru rasa tanggung jawab dan kepeduliannya yang tinggi.

“Marahnya Risma dalam penyaluran Bansos yang saat ini tengah menjadi pembicaraan, misalnya, justru itu karena Mensos ingin penyaluran Bansos tepat waktu, tepat sasaran dan tepat jumlah.

Baca juga: Cek Penerima Bantuan Perlindungan Sosial PKH di Laman cekbansos.kemensos.go.id

Sementara, dari dialog yang terjadi kita tahu betapa kinerja aparat yang menangani hal itu ada yang jauh di bawah kinerja yang diharapkan," ungkap Nurkhasanah.

Belum sempurnanya kinerja aparat birokrasi pemerintah inilah yang menurut Nurkhasanah wajar memantik kemarahan Risma yang secara kultural adalah orang Jawa Timur yang terkenal egaliter, terbuka dan polos.

Baca juga: Tips Lolos Kartu Prakerja Gelombang 20, Pastikan NIK Tidak Terdaftar di Lembaga atau Bansos Lain

“Bu Risma tampaknya tak pernah memikirkan apakah kemarahannya akan berdampak negatif terhadap citra beliau sebagai pemimpin perempuan. Tidak. Sikap Bu Risma itu mengalir alamiah saja, tanpa banyak hitung-hitungan," tutur Nurkhasanah.

“Jadi menurut saya justru marah marahnya Mensos bukan karena pencitraan, tapi karena ingin segera memberikan solusi atas permasalahan yg dihadapi.

Nurkhasanah mengatakan, soal buruknya kinerja birokrasi itu masih menjadi persoalan dan keprihatinan yang juga disadari pemerintah hingga saat ini. Karena itu wajar bila Presiden Joko Widodo terus menekankan urgensi percepatan reformasi birokrasi.

Pemakluman senada ketua AMMI juga ditegaskan pengamat kebijakan publik Agus Pambagio.

Baca juga: Login cekbansos.kemensos.go.id untuk Cek Penerima Bansos PKH, Disalurkan hingga Desember 2021

Halaman
12
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved