Breaking News:

Virus Corona

Muhadjir Effendy Ungkap Dampak Pandemi Covid-19 Bagi Penderita TB, HIV, Hingga Stunting

krisis kesehatan yang disebabkan pandemi covid-19 ternyata juga berdampak pada pelayanan dasar kesehatan yang harus diberikan pemerintah kepada masyar

Penulis: Gita Irawan
Istimewa
Menko PMK Muhadjir Effendy meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di RSUI Kustati, Kota Surakarta, Kamis (2/9/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengungkapkan krisis kesehatan yang disebabkan pandemi covid-19 ternyata juga berdampak pada pelayanan dasar kesehatan yang harus diberikan pemerintah kepada masyarakat.

Ia mencontohkan pada penderita Tuberkulosis atau TB.

Muhadjir menjelaskan sebelum banyak fasilitas tes covid-19 PCR seperti saat ini, fasilitas yang digunakan adalah fasilitas untuk mengetes penyakit TB yakni tes cepat molekuler atau TCM. 

TCM-TCM di daerah, kata dia, disulap untuk mengetes covid. 

Hal tersebut disampaikan Muhadjir dalam Webinar 83 Tahun Sinar Mas bertajuk Indonesia Sehat, Ekonomi Bangkit yang disiarkan di kanal Youtube Sinar Mas pada Selasa (14/9/2021).

"Akibatnya apa? Banyak sekali (penderita) TB yang terbengkalai baik yang sudah diobati maupun yang seharusnya segera dilacak untuk diobati. Dan banyak sekali orang-orang berpenyakit TB yang terpaksa menjadi resisten obat karena tidak terurus dengan baik," kata Muhadjir.

Padahal, kata dia, apabila penderita TB sudah mengalami resistensi obat maka waktu pengobatannya akan jauh lebih lama.

Baca juga: Muhadjir Effendy: Covid-19 Tunjukkan Kelemahan Infrastruktur Kesehatan Yang Harus Dibenahi

Selain itu, ia juga mencontohkan dampak pandemi covid-19 bagi penderita HIV

Penderita HIV, kata Muhadjir, harus mengkonsumsi obat virus tertentu yang saat pandemi covid-19 juga digunakan untuk terapi penderita covid-19.

"Tetapi gara-gara covid melanda kemarin, obat-obat itu juga digunakan untuk difokuskan menangani mereka yang menderita covid. Akibatnya yang menderita HIV juga terlantar. Angka kematian HIV menjadi sangat tinggi karena kelangkaan obat dan obatnya dipakai untuk covid-19. Jadi ini luar biasa," kata dia.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved