Breaking News:

Virus Corona

Rekor Dunia, India Suntikkan 25 Juta Dosis Vaksin Per Hari

Pada Jumat 17 September 2021 kemarin, berhasil memberikan 25 juta dosis vaksin dalam satu hari.

Tribunnews/Jeprima
Vaksinator menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada warga di Sentra Vaksinasi Covid-19 Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Nasional, di Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (16/9/2021). Sentra vaksinasi Covid-19 dengan protokol kesehatan bagi pilar-pilar sosial, wartawan, mahasiswa, dan masyarakat umum berusia 12 tahun ke atas itu menyediakan tiga jenis vaksin sekaligus yaitu Pfizer, Sinovac, dan AstraZeneca, berlangsung dari tanggal 16 hingga 18 September 2021. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- India berhasil memecahkan rekor dunia.

Pada Jumat 17 September 2021 kemarin, berhasil memberikan 25 juta dosis vaksin dalam satu hari.

Dua negara bagian India yang memvaksinasi terbanyak adalah Karnataka yg menyuntikkan 2,69 juta dan negara bagian Bihar dengan lebih dari 2,6 juta suntikan.

Sebelum ini, rekor sempang dipegang oleh Tiongkok yang pernah memvaksinasi 24,7 juta dosis vaksin sehari pada bulan Juni 2021 yg lalu.

Mantan Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara Prof Tjandra Yoga Aditama mengatakan, prestasi vaksinasi India ini, ada 2 hal yang mungkin dapat dihubungkan dengan Indonesia.

Pertama, penduduk Indonesia ada sekitar seperempat India.

Maka Indonesia bisa melakukan penyuntikan 6 juta dosis vaksin per hari.

"Kedua, dengan makin banyaknya rakyat India yg divaksin maka dapat diharapkan agar India dapat segera memberikan lebih banyak vaksin yg diproduksinya untuk negara-negara lain di dunia, antara lain mudah-mudahan melalui mekanisme COVAX,"ungkapnya Sabtu (18/9/2021).

Sebagai anggota IAVG COVAX dan 12 orang international expert lain bertugas memvalidasi pembagian vaksin dari COVAX ke seluruh dunia, termasuk ke Indonesia.

Tadinya COVAX menargetkan akan membagi 2 milyar dosis vaksin tahun ini.

Baca juga: Vaksin Langka, Pengadilan India Dukung Interval Lebih Pendek Antar Dosis Bagi yang Berani Bayar

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved