Breaking News:

Hadiri Global Covid-19 Summit, Jokowi Usulkan Perlunya Protokol Kesehatan Global 

Budi menjelaskan, protokol kesehatan perlu distandarisasikan, agar memudahkan gerakan seluruh orang ke seluruh negara di dunia ini.

Kementerian Luar Negeri
Presiden Joko Widodo (Jokowi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menuturkan, Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan usulan perlunya menyusun protokol kesehatan global selama pandemi Covid-19.

Usulan itu disampaikan mantan walikota Solo itu saat menghadiri Global Covid-19 Summit, di sela-sela acara Sidang Umum PBB ke-76 pada Rabu (22/9).

"Semua aktivitas global seperti transportasi, pertemuan atau acara-acara lainnya bisa mengikuti standar protokol yang sama," ujar Budi dalam keterangan virtualnya, Kamis (23/9/2021).

Budi menjelaskan, protokol kesehatan perlu distandarisasikan, agar memudahkan gerakan seluruh orang ke seluruh negara di dunia ini.

Baca juga: Menkes: Presiden Jokowi Diundang Khusus Presiden AS Joe Biden Bahas Pandemi Covid-19

"Bayangkan kalau dokumen untuk masuk masing-masing negara di dunia berbeda-beda, akan sulit sekali kita untuk melakukan perjalanan ke seluruh dunia," ujar Budi.

Selain itu, Pesiden Jokowi juga menekankan bahwa perlu segera dibangun arsitektur sistem ketahanan Kesehatan Global yang baru.

Serta perlu segera dibangun mekanisme global untuk sumber daya kesehatan yang bisa diakses oleh seluruh negara, terutama negara-negara berkembang, bila mereka menghadapi krisis kesehatan.

Sama seperti sistem ketahanan keuangan Global yang dibangun dalam bentuk mekanisme IMF, dimana tata kelola dan partisulipasinya jelas, serta terbukti menyelamatkan kondisi keuangan baik secara fiskal atau moneter di negara-negara berkembang, bila ada masalah bisa dibantu.

"Indonesia merasa bahwa kita perlu membangun system support kesehatan secara global yang mirip dengan system support aset keuangan secara global seperti adanya IMF tersebut," tutur mantab dirut Bank Mandiri ini.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved