Breaking News:

Virus Corona

3 Hal yang Harus Diterapkan Dalam Keluarga Agar Terhindar Dari Penularan Covid-19

Meskipun sejumlah sektor telah dibuka, pemerintah meminta masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan, termasuk di lingkungan keluarga.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Adi Suhendi
Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 dr Reisa Broto Asmoro. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Meskipun sejumlah sektor telah dibuka, pemerintah meminta masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan, termasuk di lingkungan keluarga.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 dr Reisa Broto Asmoro mengatakan terdapat 3 hal utama yang harus diperhatikan dalam penerapan protokol kesehatan keluarga agar terhindar dari Covid-19.

Pertama, kata Reisa, pakai masker dengan baik dan benar, sering-sering mencuci tangan terutama di air mengalir atau hand sanitizer.

Serta, menjaga jarak aman dari orang lain dan batasi mobilitas.

"Dengan mobilitas masyarakat yang semakin tinggi akhir-akhir ini keluarga wajib sekali selektif dalam melakukan bepergian. Pastikan tidak ada alternatif lain apabila harus terpaksa keluar rumah," kata Reisa dalam pernyataan pers yang disiarkan Youtube Sekretariat Presiden, Rabu, (29/9/2021).

Kedua, kata dia, pastikan kondisi tubuh sehat, dan lakukan pengecekan suhu tubuh sebelum keluar rumah.

Baca juga: Pemerintah Tekankan Pentingnya Program KB di Masa Pandemi Covid-19

Serta, membawa semua perlengkapan Prokes yang diperlukan seperti masker cadangan, hand sanitizer, dan tempat atau wadah untuk menaruh masker limbah kita.

"Pastikan kita keluar rumah untuk kembali produktif. Bukan untuk menyebarkan penyakit apalagi terpapar penyakit Covid-19," katanya.

Ketiga, kata dia, setelah pulang ke rumah jangan langsung bersentuhan dengan anggota keluarga atau bahkan dengan barang-barang yang dipakai bersamaan dengan seluruh keluarga, misalnya alat makan.

Selain itu, pastikan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat saat pulang ke rumah.

Baca juga: Pemerintah Terapkan Prinsip Merata dan Setara Vaksinasi Covid-19 bagi WNA

Lalu segera mandi dan bersihkan seluruh badan, dan mengenakan pakaian bersih sebelum kontak dengan anggota keluarga.

"Detil-detil ini perlu diperhatikan. Kegiatan luar rumah bisa berpotensi timbulkan gelombang baru di waktu mendatang," katanya.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved