Breaking News:

Virus Corona

Gelombang Ketiga Covid-19 Diprediksi Akhir Tahun, Satgas Waspada, Tapi Optimis Cegah Ledakan Kasus

Gelombang ketiga penularan COVID-19 di Tanah Air yang menurut para ahli mungkin terjadi di akhir tahun. Satgas pun meminta waspada.

istimewa/BNP
Kepala BNPB sekaligus Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Letjen TNI Ganip Warsito (kiri) memberikan sambutan dan arahan saat meninjau Posko Relawan Sulut Hebat Kompak Lawan COVID-19 di Kota Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (9/10/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, MANADO - Gelombang ketiga penularan COVID-19 di Tanah Air yang menurut para ahli mungkin terjadi di akhir tahun.

Menyikapi prediksi ini, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Letjen TNI Ganip Warsito mengingatkan kepada seluruh komponen di daerah agar bersikap waspada.

Hal itu disampaikan Ganip saat berkesempatan meninjau Posko Relawan Sulut Hebat Kompak Lawan COVID-19 di Kota Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (9/10/2021).

Baca juga: Pemulihan Covid-19 di Indonesia Urutan Pertama Se-Asia Tenggara Menurut Indeks Nikkei

Baca juga: Ganip Warsito Cek Kesiapan Karantina Pelaku Perjalanan Internasional

“Ancaman gelombang ketiga yang diprediksi oleh para ahli akan terjadi di bulan Desember,” kata Ganip.

Akhir tahun atau bulan Desember bertepatan dengan dua momentum besar yakni Hari Raya Natal dan pergantian tahun.

Pada momen ini, menurut Ganip pada periode tersebut berpotensi memicu keinginan masyarakat untuk beraktivitas di luar ruangan.

Di samping itu, akhir tahun juga masih masuk dalam periode pergantian cuaca, yang mana hal itu juga mempengaruhi daya tahan tubuh sehingga mudah terserang penyakit.

“Karena di situlah saat Nataru, di situlah adanya pergantian cuaca. Ini yang menjadi suatu ancaman peningkatan COVID-19,” ujar Ganip.

Ilustrasi Covid-19
Ilustrasi Covid-19 (Freepik)

Menyongsong akhir tahun yang juga diprediksi akan membawa ancaman gelombang ketiga menurut para ahli, namun Ganip optimis bahwa hal itu dapat dicegah dan dikendalikan sehingga tidak terjadi.

Ganip menjelaskan bahwa kunci pencegahan dan mitigasi penularan COVID-19 sudah diketahui, yakni dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan vaksinasi. Di sisi lain, pola penanganannya juga sudah ditemukan.

Dua dasar tersebut bagi Ganip merupakan hal yang harus senantiasa dilaksanakan demi mencegah terjadinya ledakan kasus di akhir tahun, sebagaimana menurut prediksi para ahli.

“Tapi saya yakin dengan kekuatan dan pola penanganan yang sudah ditemukan, maka kita boleh yakin Desember tidak akan terjadi gelombang ketiga,” kata Ganip.

"Perkuat protokol kesehatan, perkuat tracing, tracking dan treatment nya, kemudian perkuat vaksinasinya. Tiga itu rumusnya. Kalau itu kita sudah oke, saya yakin kita bisa mengendalikan COVID-19 ini,” tandasnya.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved