Breaking News:

Virus Corona

Kepala BNPB Yakin Lonjakan Kasus Covid-19 Gelombang Ketiga Dapat Dicegah

“Ancaman gelombang ketiga yang diprediksi oleh para ahli akan terjadi di bulan Desember,” kata Ganip.

istimewa/BNP
Kepala BNPB sekaligus Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Letjen TNI Ganip Warsito (kiri). 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail 

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Letjen TNI Ganip Warsito mengingatkan kepada seluruh komponen di daerah agar mewaspadai adanya potensi gelombang ketiga penularan Covid-19 di Tanah Air yang menurut para ahli dapat terjadi di akhir tahun.

“Ancaman gelombang ketiga yang diprediksi oleh para ahli akan terjadi di bulan Desember,” kata Ganip dalam siaran pers BNPB, Minggu, (10/10/2021).

Akhir tahun atau bulan Desember bertepatan dengan dua momentum besar yakni Hari Raya Natal dan pergantian tahun, yang mana menurut Ganip pada periode tersebut berpotensi memicu keinginan masyarakat untuk beraktivitas di luar ruangan.

Di samping itu, menurutnya akhir tahun juga masih masuk dalam periode pergantian cuaca, yang mempengaruhi daya tahan tubuh sehingga mudah terserang penyakit.

Baca juga: Ganip Warsito Cek Kesiapan Karantina Pelaku Perjalanan Internasional

“Karena di situlah saat Nataru, di situlah adanya pergantian cuaca. Ini yang menjadi suatu ancaman peningkatan Covid-19 ,” ujar Ganip.

Meskipun demikian Ganip optimis bahwa lonjakan kasus atau gelombang ketiga Covid-19 yang diprediksi para ahli terjadi pada akhir tahun dapat dicegah, asalkan tetap disiplin protokol kesehatan dan akselerasi vaksinasi.

“Tapi saya yakin dengan kekuatan dan pola penanganan yang sudah ditemukan, maka kita boleh yakin Desember tidak akan terjadi gelombang ketiga,” kata Ganip.

"Perkuat protokol kesehatan, perkuat _tracing, tracking dan treatment_ nya, kemudian perkuat vaksinasinya. Tiga itu rumusnya. Kalau itu kita sudah oke, saya yakin kita bisa mengendalikan Covid-19 ini,” pungkasnya.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved