Breaking News:

Virus Corona

Penerbangan Internasional Dibuka, Pemerintah Perketat Persyaratan Masuk Bali

Pemerintah akan membuka penerbangan internasional ke Bali pada 14 Oktober mendatang.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Adi Suhendi
youtube
Bandara I Gusti Ngurah Rai. Untuk memastikan tidak terjadi peningkatan kasus Covid-19 akibat pembukaan penerbangan internasional, pemerintah memperketat persyaratan masuk ke Bali. 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Pemerintah akan membuka penerbangan internasional ke Bali pada 14 Oktober mendatang.

Untuk memastikan tidak terjadi peningkatan kasus Covid-19 akibat pembukaan penerbangan internasional tersebut pemerintah memperketat persyaratan masuk ke Bali.

"Yakni mulai dari persyaratan pre departure requirement hingga on arrival requirement," kata Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi (Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan, Senin (11/10/2021).

Untuk kategori pre departure requirement atau persyaratan sebelum keberangkatan menuju Bali, kata Luhut ada lima langkah atau syarat yang harus diikuti pelaku perjalanan.

Di antaranya yakni;

Pertama, pelaku perjalanan berasal dari negara dengan status konfirmasi kasus level 1 dan level 2 dengan positivity rate di bawah 5 persen. Terdapat 18 negara yang masuk dua kriteria ini.

Baca juga: Luhut Sebut Kasus Covid-19 di Indonesia Seminggu Terakhir Turun 98% dari Puncak Rekor Bulan Juli

Kedua yakni hasil negatif RT PCR yang sampelnya diambil maksimum 3 kali 24 jam sebelum jam keberangkatan.

Ketiga, kata Luhut pelaku perjalanan melampirkan bukti vaksinasi lengkap dengan dosis kedua setidaknya 14 hari sebelum keberangkatan dan ditulis dengan Bahasa Inggris selain bahasa negara asal.

Keempat, pelaku perjalanan memiliki asuransi kesehatan dengan nilai pertanggungan minimum 100.00 Dollar AS dan mencakup biaya penanggungan Covid-19.

Kelima, pelaku perjalanan harus menunjukkan bukti konfirmasi pembayaran akomodasi selama di Indonesia dari penyedia akomodasi dari pihak ketiga.

Baca juga: Mengenal Vaksin Covid-19 Terbaru Zifivax, Efek Samping, dan Efikasinya, Simak Penjelasannya

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved