Breaking News:

Virus Corona

Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19 Pemerintah Pastikan Stok Obat Aman

Pemerintah Indonesia mampu menurunkan 56 persen kasus Covid-19 pada Juli 2021 dalam waktu dua minggu dengan PPKM Darurat.

Editor: Dewi Agustina
freepik
Ilustrasi Covid-19 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah pastikan fasilitas kesehatan seperti ruang perawatan dan ruangan isolasi terpusat sudah disiapkan guna mengantisipasi ancaman pandemi Covid-19 gelombang ketiga.

"Kita tetap antisipasi kok gelombang ketiga. Kalau dibandingkan Juli kita antisipasinya jauh lebih banyak," ujar Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Ditjen P2P Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi kepada wartawan, Jumat (15/10/2021).

Siti Nadia juga melaporkan stok obat-obatan saat ini aman.

"Kita tentunya berharap tidak terjadi peningkatan kasus seperti di bulan Juli. Jadi kita berusaha tetap menekan kasus tersebut, walaupun kalau ada peningkatan, pasti akan kita upayakan dan mengendalikan," katanya

Dia mengatakan, tidak ada penambahan oksigen saat gelombang kedua Juli lalu.

"Kalau obat kan pasti kita sekarang stoknya cukup. Tapi kemudian obat juga sudah ganti kan, favipiravir, bukan lagi oseltamivir. Telemedicine juga sudah ada mekanismenya, telemedicine yang dengan IDI dengan asosiasi telemedicine, jadi sudah ada sistemnya," imbuhnya.

Baca juga: Penegakan Prokes Harus Jadi Budaya Hidup Berdampingan Dengan COVID-19

Selain itu, kata dia, angka pelacakan kontak (tracing) dan pemeriksaan (testing) juga lumayan tinggi.

"Artinya tidak terjadi penurunan dibandingkan di awal terjadinya peningkatan kasus Juli lalu," ungkapnya.

Siti juga menjelaskan bahwa Pemerintah Indonesia mampu menurunkan 56 persen kasus Covid-19 pada Juli 2021 dalam waktu dua minggu dengan PPKM Darurat.

"Artinya, dukungan dari semua pihak itu juga menjadi penting yang kemudian kita bisa betul-betul menurunkan angka tersebut. Yang penting mewaspadai," ungkapnya.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved