Breaking News:

Virus Corona

Alasan Pemerintah Ubah Aturan Antigen Menjadi PCR Untuk Penumpang Pesawat

Untuk perjalanan dalam negeri moda udara wajib menunjukkan dokumen kartu vaksin minimal vaksinasi dosis pertama.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Adi Suhendi
Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan terdapat beberapa aturan penyesuaian dalam perjalanan dalam negeri dalam perpanjangan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) selama dua pekan ke depan. 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan terdapat beberapa aturan penyesuaian dalam perjalanan dalam negeri dalam perpanjangan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) selama dua pekan ke depan.

Aturan tersebut tertuang dalam Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 53 Tahun 2021 yang mencakup pengaturan perjalanan dalam negeri dan luar negeri.

Untuk perjalanan dalam negeri moda udara wajib menunjukkan dokumen kartu vaksin minimal vaksinasi dosis pertama.

"Serta surat keterangan hasil RT PCR yang sampelnya diambil dalam waktu 2 kali 24 jam sebelum keberangkatan," kata Wiku dalam Konferensi pers virtual, Kamis (21/10/2021).

Wiku mengatakan pengetatan syarat perjalanan yang tadinya hanya menggunakan antigen menjadi PCR berlaku di wilayah Jawa-Bali dan non Jawa-Bali yang kategori level 3 dan 4.

Pengetatan dilakukan karena kapasitas pesawat kini 100 persen serta tidak ada penjarakan tempat duduk di dalam pesawat.

Baca juga: Pemerintah Jamin Stok Vaksin Covid-19 Selalu Tersedia untuk Masyarakat

"Ini sebagai bagian dari uji coba pelonggaran mobilitas demi pemulihan ekonomi di tengah kondisi kasus yang cukup terkendali," katanya.

PCR kata Wiku merupakan metode testing gold standar dan lebih sensitif daripada rapid antigen dalam menjaring kasus positif.

Penerapan metode testing PCR bagi pelaku perjalanan domestik yang menggunakan pesawat diharapkan dapat meminimalisir potensi penularan.

"Untuk mengoptimalisasi pencegahan penularan pihak maskapai diwajibkan menyiapkan 3 row dikosongkan untuk pemisahan jika ditemukan pelaku perjalanan yang bergejala saat perjalanan," pungkasnya.

 Suasana kesibukan penumpang pesawat di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu (20/10/2021). Adanya pelonggaran aktifitas PPKM membuat masyarakat yang memanfaatkan transportasi udara makin meningkat untuk menuju ke sejumlah daerah. (Warta Kota/Nur Ichsan)
Suasana kesibukan penumpang pesawat di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu (20/10/2021). Adanya pelonggaran aktifitas PPKM membuat masyarakat yang memanfaatkan transportasi udara makin meningkat untuk menuju ke sejumlah daerah. (Warta Kota/Nur Ichsan) (Warta Kota/Nur Ichsan)
Halaman
1234
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved