Breaking News:

Penanganan Covid

Kemenkes : Stok Aman, Jelang Akhir Tahun Vaksinasi Covid-19 Dipercepat

Jubir Vaksinasi Covid-19 Kemenkes RI Siti Nadia Tarmizi mengatakan, pasokan vaksin Covid-19 kian meningkat jelang akhir tahun,proses vaksinasi diperce

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Warga yang tergabung dalam komunitas pemulung mengikuti vaksinasi Covid-19 di Tempat Pembuangan Sampah Terakhir (TPST) Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (30/10/2021). PT Unilever Indonesia, Tbk. kembali mengambil peran dalam akselerasi program vaksinasi nasional dengan menyediakan akses vaksinasi ke 1.000 anggota komunitas pemulung yang berkolaborasi dengan Sentra Vaksinasi Serviam dan Perkumpulan Pemulung Indonesia Mandiri (PPIM) menyelenggarakan program ini pada 29 - 31 Oktober di Tempat Pembuangan Sampah Terakhir (TPST) Bantar Gebang, Kota Bekasi. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA --Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes RI Siti Nadia Tarmizi mengatakan, pasokan vaksin Covid-19 kian meningkat jelang akhir tahun membuat proses vaksinasi kian dipercepat.

Berbeda halnya dengan proses vaksinasi di awal tahun dengan pasokan yang minim, sasaran vaksin saat itu angatlah terbatas.

"Memang triwulan terakhir ini adalah jumlah vaksin yang cukup banyak yang kita miliki dan di semester kedua ini harus terjadi percepatan," kata dalam Webinar virtual "Tantangan Vaksinasi Inklusif Bagi Masyarakat Adat dan Kelompok Rentan", Rabu (10/11/2021).

Baca juga: Menteri Kesehatan: Vaksinasi Covid-19 untuk Anak 6 sampai 11 Tahun Dimulai 2022

Baca juga: Kisah Wanita di Australia Memenangkan Hadiah Rp 13 Miliar Usai Divaksin Covid-19

Nadia mengatakan upaya pemerintah dalam penyediaan vaksin Covid-19 dilakukan sejak Januari 2021.

Dimulai hanya sekitar 3 juta dosis, Februari 7 juta dosis, Maret 13 juta dosis.

"Sampai dengan April-Mei 2021 AstraZeneca tidak bisa kita dapatkan karena India menahan produksi vaksin karena peningkatan kasus Delta di April," ujarnya.

Vaksin Covid-19 di Indonesia mulai mengalami tren peningkatan pasokan sejak Juni 2021 hingga saat ini.

"Stok vaksin meningkat di Juni, Juli bahkan Agustus mulai menyentuh 53 juta dosis, September 81 juta dosis dan terus sampai saat ini," katanya.

Jubir Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi.
Jubir Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi. (Tangkap layar kanal YouTube KompasTV)

Pasokan vaksin yang relatif banyak saat ini, mendukung laju vaksinasi kepada seluruh sasaran. Dimana rata-rata penyuntikan kini di atas 2 juta dosis dalam sehari.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved