Breaking News:

Virus Corona

Kelompok Disabilitas Bisa Dapatkan Fasilitas Vaksinasi Dimana Saja Walau Tidak Sesuai Domisili KTP

Reisa Broto Asmoro semua orang berhak atas akses pelayanan umum dan perlindungan, khususnya di masa pandemi Covid-19 ini.

Editor: Adi Suhendi
IST
Juru Bicara Pemerintah dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru, Reisa Broto Asmoro 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, dr Reisa Broto Asmoro semua orang berhak atas akses pelayanan umum dan perlindungan, khususnya di masa pandemi Covid-19 ini.

Pemerintah, kata dr Reisa pada awal tahun sudah memasukkan kelompok disabilitas ke dalam prioritas vaksinasi Covid-19.

Kelompok disabilitas masuk dalam kategori masyarakat rentan.

"Artinya masyarakat rentan adalah mereka yang harus pertama kali dilindungi karena rentan mengalami komplikasi penyakit berat apa bila tertular covid-19," ungkap Reisa pada konferensi pers virtual, Minggu (5/11/2021).

Kementerian Kesehatan memperkirakan ada lebih setengah juta atau 562.242 penyandang disabilitas di seluruh Indonesia yang masuk sasaran vaksinasi.

Sejak program vaksinasi Covid-19 digulirkan, sudah dikeluarkan surat edaran yang menyatakan penyandang disabilitas dapat dilayani di seluruh fasilitas kesehatan.

Baca juga: Sukses Atasi Gelombang Kedua Covid-19, Survei Kepuasan Publik Terhadap Jokowi Capai 80,1 Persen

"Sentra vaksinasi dimana pun dan tidak terbatas pada alamat domisili KTP. Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Menteri Kesehatan no HK.02.01/Menkes/598/2021," katanya .

Aturan tersebut tentang percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat lanjut usia, penyandang disabilitas serta pendidik dan tenaga pendidikan.

Kegiatan vaksinasi pun berjalan dengan bekal gotong royong bersama komunitas organisasi.

Serta pihak swasta untuk mobilisasi penyandang disabilitas dan lansia.

Masyarakat Indonesia bekerja sama mendata serta mengatur transportasi, antar jemput masyarakat lanjut usia serta penyandang disabilitas.

Baca juga: Genjot Vaksinasi Covid-19, Binda Gorontalo Sasar Daerah Pelosok

Nantinya akan diantar ke faskes atau tempat pelayanan kesehatan tempat vaksinasi Covid-19.

Kementerian Kesehatan juga sudah mengeluarkan Surat Edaran No.HK.02.02/3/15242/2021 tentang pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat rentan dan masyarakat lainnya yang belum memiliki NIK.

"Informasi yang sama tentang pencegahan dan perkembangan terkini Covid-19 harus dipastikan sampai hingga seluruh pelosok Indonesia. Termasuk mereka yang mereka merayakan Hari Difabel Internasional, " katanya.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved