Virus Corona

Penjelasan Ahli Soal Perlukah Vaksin Dosis Empat Khusus untuk Varian Omicron

Beredar kabar jika akan ada vaksin dosis keempat khsusus Covid-19 varian Omicron.

Penulis: Aisyah Nursyamsi
Editor: Wahyu Aji
TRIBUN JABAR/TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Petugas medis memasukan vaksin ke alat suntik pada pelaksanaan Vaksinasi Booster Covid-19 dalam rangka perayaan Imlek 2573 di Gedung Pusat Pembelajaran Arntz Geise (PPAG) Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), Jalan Ciumbuleuit, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (19/2/2022). Vaksinasi Booster Covid-19 yang diselenggarakan Ikatan Alumni (IKA) Unpar bersama Unpar, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Barat dan Dinkes Kota Bandung itu menyiapkan 3.000 dosis vaksin untuk civitas akademika, alumni, warga sekitar serta masyarakat Kota Bandung yang berlangsung selama dua hari. Kegiatan ini bertujuan selain membantu program pemerintah juga untuk membantu persiapan rencana pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) Unpar untuk waktu mendatang. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Beredar kabar jika akan ada vaksin dosis keempat khsusus Covid-19 varian Omicron.

Vaksin ini akan diproduksi dari Moderna dan rencana akan siap pada Agustus. 

Menurut Ketua Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FKUI, RSUP Persahabatan dr Prasenohadi Sp P KIC Ph D saat ini Indonesia masih mengkaji terkait dosis keempat ini.

Dosis keempat khususnya varian Omicron ini memang melahirkan beberapa pandangan. Ada yang menyatakan dosis keempat tidak diperlukan. Hal ini dinyatakan di luar negeri. 

Namun di Indonesia, menurut dr Prasenohadi terhitung masih dibutuhkan.

Namun dipakai atau tidak, ia menyebutkan masih menunggu keputusan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Kesehatan.

"Di sini ada pertimbangan kemungkinan ada yang keempat. Masih menunggu dari Kemenkes bagimana keputusan terakhir dosis keempat," ungkapnya dalam konferensi pers virtual, Rabu (2/3/2022).

Baca juga: Belum Dapat Dosis Kedua Tapi Stok Vaksin Covid-19 Tidak Sama? Jangan Khawatir, Berikut Penjelasannya

Di sisi lain, dr Prasenohadi menyebutkan ada kemungkinan vaksin dari Moderna khsusus Omicron ini akan serupa dengan Imunisasi influenza.

Setelah jadi endemi vaksin akan diberikan setiap tahunnya.

"Influenza setiap tahun dan disesuaikan. WHO yang akan mengumumkan. Vaksin disesuaikan seperti itu. Mudah mudahan bisa terjadi supaya berdampingan saja hidup dengan Omicron atau covid-19," pungkasnya.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved