Breaking News:

Virus Corona

Diharapkan Jadi Kado 17 Agustus, BPOM: Vaksin Covid-19 Buatan Dalam Negeri Masih Berproses

Badan POM (BPOM) masih memproses izin penggunaan darurat (EUA) vaksin Covid-19 buatan dalam negeri yakni vaksin BUMN dan vaksin Merah Putih

Editor: Wahyu Aji
covid19.go.id
Ilustrasi Vaksinasi Covid-19 di Indonesia. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Badan POM (BPOM) masih memproses izin penggunaan darurat (EUA) vaksin Covid-19 buatan dalam negeri yakni vaksin BUMN dan vaksin merah putih Unair dan PT Biotis.

Pihaknya berharap EUA vaksin Biofarma dan PT Baylor dapat dirilis dihari kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2022, esok, sebagai kado di hari bersejarah bangsa ini.

"Masih berproses. Harapannya memang jadi kado 17 Agustus tapi nanti kami lihat bagaimana perkembangannya," ujar Direktur Pengawasan Produksi Obat, Narkotika, Psikotropika, dan Prekursor Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Apt Dra Togi Junice Hutadjulu, MHA, yang ditemui di UI, Depok, Selasa (16/8/2022).

Sementara untuk vaksin Merah Putih, Togi menyinggung bahwa izin darurat penggunaan Vaksin Merah Putih belum bisa terbit esok hari.

Lantaran, proses uji klinik fase 3 vaksin besutan Unair - Biotis belum selesai sehingga data hasil uji klinik fase 3 harus dilengkapi.

"Vaksin Merah putih Unair - Biotis ini pada dasarnya semua masih berjalan," imbuhnya.

Pihakpun memastikan, penerbitan EUA vaksin di Indonesia memegang penuh prinsip kehati-hatian.

"Karena kan kita harus ada kehati-hatiaan karena ini kan ada pengembangan dan tentunya nanti kalau sudah memenuhi keamanan mutu khasiat baru keluar izin daruratnya," tegas perempuan berkacamata ini.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved