Virus Corona

Dokter Spesialis Ungkap Jumlah Virus Covid-19 dan Waktu yang Dibutuhkan Untuk Menularkan

dr. Prasenohadi, PhD, SpP (K), KIC menyebutkan berapa jumlah virus Covid-19 dan waktu yang bisa menimbulkan penularan. 

Editor: Wahyu Aji
Tribunnews/JEPRIMA
Petugas melakukan tes usap PCR kepada warga di laboratorium Genomik Solidaritas Indonesia (GSI), Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (2/2/2022). Tren kasus konfirmasi positif covid-19 terus menunjukkan angka peningkatannya. Data kasus terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah 16.021 pada hari ini Selasa (1/2). Tes usap PCR Drive Thru dilakukan untuk mengantisipasi penularan covid-19 di masyarakat. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI) dr. Prasenohadi, PhD, SpP (K), KIC menyebutkan berapa jumlah virus dan waktu yang bisa menimbulkan penularan. 

"Jumlah virus, kuman atau bakteri hanya membutuhkan sekitar 1.000 virus partikel untuk bisa menularkan. Tidak terlalu banyak tapi sudah menularkan," ungkapnya pada talkshow virtual, Senin (29/8/2022). 

Sehingga jika seseorang hanya diam tanpa berbicara namun berhadapan dengan pasien Covid-19, ada 20 partikel virus yang masuk ke dalam tubuh.

Kira-kira, dibutuhkan hampir satu jam untuk tertular.

Namun, ketika berbicara, akan ada 200 partikel yang keluar. Sehingga, butuh lima menit saja untuk bisa menularkan. Waktu dan jarak antara orang menjadi hal penting. 

"Apa lagi batuk atau bersin, itu jutaan virus yang akan keluar. Jadi memang penularannya sangat tinggi. Namun sekali lagi, tergantung pada daya tahan tubuh seseorang," kata dr Prasenohadi

Kalau daya tahan tubuh bagus, virus dan kuman bisa segera dimatikan. Kalau tidak, tetap saja bisa membuat sakit.  

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved