Virus Corona

Satgas IDI: Indonesia Segera Endemi Jika Capain Vaksinasi Booster Lebih dari 50 Persen

Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Erlina Burhan menilai, Indonesia mampu segera mencapai status endemi dalam waktu dekat.

Editor: Wahyu Aji
DOK BNPB
Erlina Burhan, dokter spesialis paru di RSUP Persahabatan Jakarta. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Erlina Burhan menilai, Indonesia mampu segera mencapai status endemi dalam waktu dekat.

Hal ini dilihat dari kondisi penularan Covid-19 yang rendah dan menurunya pasien Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit.

Ia memaparkan, untuk mengalami masa pandemi transisi menuju endemi angka perawatan pasien di rumah sakit harus dibawah 5 persen.

"Indonesia sudah dibawah 5 persen jadi ini sudah ada satu syarat nih yang terpenuhi," kata dia dalam konferensi virtual BNPB, Senin (19/9/2022).

Kemudian angka kematian dan laju infeksi yang juga rendah. 

"Ini diamati dalam waktu 6 bulan dan kemudian suatu negara bisa mengatakan bahwa kita ini sudah memasuki masa transisi," imbuh dokter Erlina.

Meski demikian dokter spesialis paru ini mengingatkan, masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan terkait dengan pencapaian dari indikator-indikator yang ditetapkan WHO untuk dalam menuju endemi.

"Tapi saya cukup optimis ya dengan syarat bahwa cakupan imunisasi booster kita naik meninggi di atas 50 persen dan masyarakat terbiasa memakai masker terutama di keramaian dan di ruang tertutup," kata dia.

Baca juga: Satgas Covid-19: Penting Lengkapi Cakupan Vaksin Covid-19 Hingga 100 Persen Pada Populasi Rentan

Adapun enam kebijakan itu adalah vaksinasi, melakukan testing dan sequencing, memastikan sistem kesehatan untuk pelayanan Covid-19, mempersiapkan lonjakan kasus, melakukan tindakan pencegahan dan pengendalian, serta menyampaikan informasi terkait Covid-19 kepada masyarakat.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved