Virus Corona

Terkait Status Pandemi di Indonesia, Presiden Jokowi Minta Menkes Konsultasi ke WHO

Presiden Jokowi memberikan instruksi kepada Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk berkonsultasi ke WHO terkait status pandemi di Indonesia.

Penulis: Nurkhasanah
Editor: Daryono
Tribunnews.com/ Taufik Ismail
Menkes Budi Gunadi Sadikin di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, usai rapat terbatas Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Selasa (23/8/2022). - Presiden Jokowi memberikan instruksi kepada Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk berkonsultasi ke WHO terkait status pandemi di Indonesia. 

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Kesehatan RI (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mendapat instruksi dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk berkonsultasi dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terkait status pandemi COVID-19.

Instruksi tersebut disampaikan Menkes setelah mengikuti rapat yang dipimpin oleh Presiden Jokowi, di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (03/10/2022).

Lebih jelasnya, Menkes diminta untuk berkonsultasi dengan Direktur Jenderal (Dirjen) Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yakni Tedros Adhanom Ghebreyesus.

“Pak Presiden meminta saya konsultasi dengan Dirjen WHO." ujar Menkes, dikutip dari setkab.go.id.

Adapun Dirjen WHO menyatakan bahwa kebijakan-kebijakan lokal mengenai pengurangan pengetatan dari protokol kesehatan dapat dilakukan.

"Dirjen WHO bilang, kalau ada kebijakan-kebijakan lokal mengenai pengurangan pengetatan dari protokol kesehatan bisa dilakukan,” tambah Menkes.

Baca juga: Epidemiolog UI: Pandemi Covid-19 Kini Tak Perlu Ditangani Darurat Lagi

WHO merupakan pihak yang berwenang untuk menyatakan pencabutan status pandemi COVID-19.

“Khusus mengenai pandemi ini, karena ini sifatnya dunia nanti WHO yang akan memberikan timing-nya kapan."

"Itu kan pandemi itu di WHO ada namanya public health emergency of international concern (PHEIC), itu nanti biasanya kapan dicabutnya dia yang akan meresmikan,” kata Budi.

Baca juga: Usai Diterpa Pandemi Covid-19, Sri Mulyani Sebut Perubahan Iklim Jadi Ancaman Global Selanjutnya

Sebelumnya dalam acara Peluncuran Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas, Presiden Jokowi menyampaikan kemungkinan dicabutnya status pandemi dalam waktu dekat.

“Pandemi memang sudah mulai mereda, mungkin sebentar lagi juga akan kita nyatakan pandemi sudah berakhir,” ujar Presiden, Senin (03/10/2022).

Hal senada juga diungkapkan oleh Juru Bicara (Jubir) Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Mohammad Syahril.

Syahril mengungkapkan bahwa Indonesia saat ini tengah bersiap untuk menuju endemi.

Hal ini didasarkan pada parameter penilaian COVID-19 yang terus melandai.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved