Breaking News:

Virus Corona

Kasus Covid-19 di Indonesia Turun, Kemenkes Kejar Capaian Vaksinasi

Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) melaporkan, dalam satu minggu terakhir tren kasus Covid-19 di Indonesia mengalami penurunan.

TRIBUN JATIM/PURWANTO
Petugas menyuntikan dosis vaksin Covid-19 dikantor Dinas Kesehatan Kota Malang, Kota Malang, Jawa Timur, Jumat (22/7/2022). Sebanyak 500 lebih disiapkan Dinkes Kota Malang untuk masyarakat umum. Vaksinasi ini tepat setelah Surat Edaran Walikota Malang (SE) 36 Tahun 2022 terkait percepatan Vaksinasi dosis lanjutan. Vaksinasi ini juga bekerjasama dengan Badan Intelijen Negara (BIN) dengan menyediakan vaksin dosis 1,2 dan Booster. TRIBUN JATIM/PURWANTO 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) melaporkan, dalam satu minggu terakhir tren kasus Covid-19 di Indonesia mengalami penurunan.

Berkurangnya kasus covid-19 ini disertai penurunan tren perawatan di rumah sakit.

Kasus Covid-19 saat ini masih didominasi di Pulau Jawa dan Bali dengan proporsi kasus mencapai 90,63 persen.

Baca juga: Dirjen WHO Puji Capaian Vaksinasi Indonesia

Sementara proporsi kasus di luar pulau Jawa dan Bali sebesar 9,3 persen.

“Dalam tujuh hari terakhir rata-rata 5025 dan hari kemarin 1 desember 4.977, terjadi penurunan 21,2 persen.” ujar Juru Bicara Kementerian Kesehatan, dr. Muhammad Syahril dr. Syahril dalam keterangannya, Sabtu (3/12/2022).

Ia juga mengungkapkan Indonesia masih berada di Level 1 transmisi Komunitas.

Meski demikian vaksinasi tetap harus digalakan.

Rawat inap di rumah sakit rata-rata satu minggu terakhir per harinya 6.800 dengan BOR rata-rata 11,6 persen.

Tren perawatan rumah sakit di ruang isolasi lanjut dr Syahril, per tanggal 1 desember terdapat penurunan sebanyak 5,76 persen.

Baca juga: Capaian Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia Belum Penuhi Target

Meskipun terjadi penurunan kasus Covid-19, namun angka kematian akibat Covid-19 mengalami fluktuasi.

Dari rata-rata mingguan sebanyak 46 orang, terjadi kenaikan sebanyak 54 orang pada 1 Desember 2022, diiringi dengan peningkatan positivity rate.

"Kondisi ini harus tetap menjadi perhatian kita mengingat 17.442 pasien yang dirawat di RS pada periode 4 oktober sampai 21 November memiliki gejalanya sedang, berat hingga kritis. Dimana 71 persen pasien belum mendapatkan booster," terang dia.

VAKSINASI COVID-19 SISWA BARU - Sebanyak 129 siswa baru SD Negeri Periuk 1, Kota Tangerang, mendapat suntikan Vaksin Covid-19 dan pemeriksaan kesehatan gigi, mata dan telinga dari tim medis Puskesmas Periuk Jaya, Selasa (26/7/2022). Dengan layanan kesehatan ini diharapkan dapat menjamin kesehatan para siswa baru dalam upaya mensukseskan pembelajaran tatap muka yang aman, nyaman dan lancar. WARTA KOTA/NUR ICHSAN
VAKSINASI COVID-19 SISWA BARU - Sebanyak 129 siswa baru SD Negeri Periuk 1, Kota Tangerang, mendapat suntikan Vaksin Covid-19 dan pemeriksaan kesehatan gigi, mata dan telinga dari tim medis Puskesmas Periuk Jaya, Selasa (26/7/2022). Dengan layanan kesehatan ini diharapkan dapat menjamin kesehatan para siswa baru dalam upaya mensukseskan pembelajaran tatap muka yang aman, nyaman dan lancar. WARTA KOTA/NUR ICHSAN (WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN)

Sebanyak 2.449 pasien meninggal dunia pada periode yang sama, dimana 82 persen diantaranya juga belum mendapatkan vaksin booster Covid-19. Kematian tertinggi pada kelompok lansia dan 50 persen lansia ini belum mendapatkan vaksinasi.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved