Breaking News:
DPD RI
Gedung Nusantara
Gedung Nusantara

Ketua DPD RI: Food Estate di Sumba Tengah Benteng Pertahanan Pangan Indonesia Timur

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menilai pembangunan food estate di Sumba Tengah sebagai wujud ketahanan pangan berdasarkan zonasi.

dok. DPD RI
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti 

TRIBUNNEWS.COM - Pemerintah terus menggenjot ketahanan pangan dengan membangun food estate di sejumlah daerah. Salah satu kawasan yang dijadikan food estate adalah Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur (NTT). Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menilai pembangunan food estate di Sumba Tengah sebagai wujud ketahanan pangan berdasarkan zonasi.

"Food Estate di Sumba Tengah merupakan wujud benteng pertahanan pangan untuk wilayah Indonesia Timur. Tentu zona kawasan ini memudahkan pemerintah mendistribusikan pangan untuk seluruh masyarakat Indonesia," kata LaNyalla saat meninjau lokasi food estate di Kecamatan Katiku Tana, Sumba Tengah, Selasa (23/3/2021).

Dalam kunjungannya LaNyalla yang didampingi Senator asal NTT Asyera RA Wundalero, Senator asal Lampung Bustami Zainudin dan Fachrul Razi, Senator asal Aceh itu, disambut langsung Bupati Sumba Tengah Paulus Sekayu Kaligubu Limu dan jajaran pimpinan Forkompinda.

Mantan Ketua Umum PSSI itu melanjutkan, lumbung ketahanan pangan Kabupaten Sumba Timur merupakan hal yang istimewa. Keberadaan lumbung pangan tersebut dinilai alumnus Universitas Brawijaya Malang tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

"34 persen kemiskinan di Sumba Tengah dapat ditekan angkanya dengan adanya Food Estate ini. Food Estate Sumba Tengah juga dapat menambah waktu panen dari sekali setahun menjadi tiga kali setahun. Ditambah kedelai atau jagung sekali setahun waktu panennya," tutur LaNyalla.

Mantan Ketua Umum Kadin Jawa Timur itu optimis angka kemiskinan akan jauh lebih berkurang. Pada saat yang sama, Senator Dapil Jawa Timur itu juga menyampaikan keprihatinannya atas musibah ambruknya tanggul Waduk Kirialli di Desa Palanggai Kecamatan Pahunga Lodu, Sumba Timur akibat banjir yang melanda.

"Saya meminta agar PUPR segera memperbaiki tanggul tersebut karena keberadaannya sangat vital untuk keberlangsungan hidup petani di Sumba. Saya akan mengawal perbaikan tanggul ini untuk kesejahteraan masyarakat Sumba," ujarnya.

Senator asal Jawa Timur itu juga berjanji kepada Bupati Paulus untuk mengingatkan janji Presiden Jokowi yang akan membangun bendungan di areal Food Estate tersebut. “Nanti saya sampaikan ke Presiden, agar jadi atensi dan segera direalisasikan,” tukasnya.

Lumbung pangan di Sumba Tengah pernah ditinjau langsung oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menyebut alasan memilih membangun Food Estate di daerah tersebut karena jarang sekali panen pangan. 

Jokowi menjelaskan bahwa angka kemiskinan di Sumba Tengah mencapai 34 persen. Pasokan akan kebutuhan pangan di daerah tersebut pun terbilang minim lantaran hanya panen padi satu kali dalam satu tahun.

Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved