Breaking News:
DPD RI
Gedung Nusantara
Gedung Nusantara

Peringati Hari Susu Dunia, Ketua DPD RI: Anak Indonesia Harus Dikenalkan dengan Susu

Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menilai gerakan minum susu akan memberi manfaat kesehatan untuk banyak orang, khususnya anak-anak Indonesia

DPD RI
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti 

TRIBUNNEWS.COM - Selain Hari Lahir Pancasila, tanggal 1 Juni juga dikenal sebagai Hari Susu Dunia. Untuk itu, Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengajak seluruh anak Indonesia untuk mengonsumsi susu.

Menurut LaNyalla, anak Indonesia harus dikenalkan dengan produk susu. Sebab, susu memiliki banyak manfaat.

"Pada peringatan Hari Susu Sedunia ini, saya ingin mengajak seluruh stakeholder terkait untuk mengampanyekan gerakan minum susu, khususnya untuk anak-anak Indonesia," ujar LaNyalla, Selasa (1/6/2021).

Senator asal Jawa Timur itu mengatakan, Hari Susu Sedunia ini menjadi momen dipromosikannya produk susu ke seluruh dunia. Termasuk mempromosikan manfaat produk susu.

"Mengonsumsi susu sapi terbukti membawa banyak manfaat kesehatan. Karena susu kaya akan kalsium, fosfor, dan zat besi. Bukan cuma itu, susu juga berperan besar meningkatkan kepadatan tulang dan gigi. Cukup hanya dengan konsumsi 1 gelas susu sehari, bisa menjaga tulang tetap sehat. Tentunya ini sangat diperlukan bagi anak-anak yang masih berada dalam masa pertumbuhan," tuturnya.

Sayangnya, anak-anak di Indonesia belum seluruhnya dapat menikmati susu karena berbagai keterbatasan. Apalagi untuk anak-anak yang tinggal jauh di daerah pedalaman karena minimnya pasokan susu dan juga harga yang tidak terjangkau.

"Keadaan seperti ini harus jadi perhatian kita bersama, terutama pemerintah sebagai pemangku kebijakan. Saya rasa perlu dipertimbangkan pemberian susu anak sebagai program bantuan Pemda kepada masyarakat yang membutuhkan," paparnya.

Dikatakan LaNyalla, pemberian susu gratis untuk anak bisa mendukung program pencegahan stunting. Seperti diketahui, masalah stunting masih menjadi momok bagi Indonesia.

"Pemerintah juga harus memikirkan sarana untuk dapat memproduksi susu murah yang dapat didistribusikan ke seluruh pelosok tanah air, karena minum susu bisa mengurangi permasalahan gizi anak- anak Indonesia. Sebab susu juga dapat menjaga kesehatan jantung karena mengandung asam lemak Omega-3," ucap LaNyalla.

Mantan Ketua Umum PSSI ini mengingatkan, susu dapat meningkatkan massa otot, menurunkan risiko kanker, menjaga sistem imun tubuh, hingga mengoptimalkan fungsi otak. Produk susu juga merupakan pendukung mata pencaharian bagi satu miliar orang di dunia.

"Berbicara soal produk susu artinya kita juga berbicara soal dukungan kepada petani, peternak, dan pihak-pihak yang berkecimpung di sektor susu. Karena berdasarkan informasi dari Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO), sebanyak 600 juta orang hidup dari peternakan sapi perah, dan 400 juta lainnya bergantung pada pekerjaan penuh waktu untuk mendukung industri susu," paparnya.

Untuk itu, LaNyalla menilai gerakan minum susu akan memberi manfaat untuk banyak orang di dunia ini. Oleh karenanya, pemerintah didorong untuk lebih memperbanyak program-program sosial yang berkaitan dengan produksi dan produk susu.(*)

Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved