Breaking News:

Umrah Saat Pandemi

Sempat Dihentikan, Jamaah Umrah Indonesia Akan Berangkat Lagi 22 November 2020

Indonesia kembali diberi kesempatan untuk memberangkatkan jamaah umrah pada 22 November 2020 mendatang. Usai Arab Saudi menghentikan sementara visa.

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Sejumlah calon jamaah umrah menunggu keberangkatan pesawat di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (1/11/2020). Setelah tujuh bulan menangguhkan umrah, Kerajaan Arab Saudi resmi membuka umrah tahap pertama untuk Indonesia dengan kuota 278 jamaah. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Indonesia kembali diberi kesempatan untuk memberangkatkan jamaah umrah pada 22 November 2020 mendatang.

Seebelumnya pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara proses umrah jamaah luar negeri.

Hal itu disampaikan Kabid Umrah Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) Zaky Z. Anshary dalam keterangannya, Selasa (17/11/2020).

"Per tanggal 17 November (hari ini) kami dapat informasi kalau visa umrah Jamaah Pakistan sudah keluar ini menandakan kalau Visa Umrah tidak ditutup.

Baca juga: Arab Saudi Hentikan Sementara Visa Umrah Indonesia Usai 13 Jemaah Positif Covid-19

Baca juga: Konjen RI Jeddah Ingatkan Jemaah Umrah Lebih Disiplin

Arab Saudi Rilis Daftar Negara yang Diizinkan Berumrah
Arab Saudi Rilis Daftar Negara yang Diizinkan Berumrah (Tangkap layar channel YouTube Kluyuran Crew)

InsyaAllah tanggal 22 November akan ada group Umrah dari Indonesia yang akan berangkat walaupun sampai sekarang Visanya belum dikeluarkan," ujar dia.

Zaky membenarkan bahwa sebelumnya proses visa umrah untuk Indonesia memang ditutup, tapi kini menurut sumber Amphuri, visa umrah kini telah dibuka kembali.

"Bahwa visa Umrah sudah bisa lagi, ada sumber yang kuat dari Muassasah yang mengeluarkan visa group perdana tanggal 1, 3 dan 8 November, tapi kemenag (yang mengatakan visa umrah terhenti) juga betul karena system visa Umrah sempat off 3-4 hari lalu untuk upgrade system yang menyebabkan group Umrah tanggal 15 November di reschedule ke tanggal 22 November," jelas dia.

Sebagai penyelenggara perjalanan umrah, pihaknya mengapresiasi Menteri Agama yang telah menerbitkan regulasi penyelenggaraan Umrah masa pandemi dalam bentuk KMA (Keputusan Menteri Agama) serra mengutus para pejabat di Dirjen PHU untuk meninjau langsung Umrah perdana ke Saudi.

Pihaknya juga memuji langkah Kemenag yang sampai sekarang tidak melarang Umrah untuk warga Indonesia tetapi memberikan pesan pesan penting bagaimana pentingnya PPIU memberikan edukasi kepada jamaah umrah pada masa pandemi covid-19.

Halaman
12
Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved