Breaking News:

Ibadah Haji 2021

Arab Saudi Gelar Haji Tahun ini, KJRI Jedaah: Indonesia Tunggu Mekanismenya

Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali mengungkapkan pemerintah Arab Saudi telah memutuskan untuk menggelar ibadah haji pada 2021 ini.

Sky News
Di tengah pandemi corona yang melanda dunia, pelaksanaan ibadah haji di Arab Saudi tetap berlangsung mengikuti protokol kesehatan. Arab Saudi Gelar Haji Tahun ini, KJRI Jedaah: Indonesia Tunggu Mekanismenya 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali mengungkapkan pemerintah Arab Saudi telah memutuskan untuk menggelar ibadah haji pada 2021 ini.

Endang mengatakan keputusan menggelar ibadah haji tahun ini diumumkan oleh Juru Bicara Menteri Haji Arab Saudi Hisyam.

Baca juga: BREAKING NEWS: Arab Saudi Pastikan akan Gelar Ibadah Haji Tahun 2021 dengan Kondisi Khusus

Baca juga: Calon Jamaah Haji Mulai Melakukan Vaksin di Bulan Ramadan

"Arab Saudi akan menyelenggarakan Haji dengan ketentuan yang mengacu pada prokes, keselamatan jiwa, ketertiban dalam pelaksanaannya secara terorganisir," ucap Endang kepada Tribunnews.com, Senin (10/5/2021).

Terkait nasib Indonesia dalam pemberangkatan ibadah haji tahun ini, Endang mengatakan Pemerintah Arab Saudi belum memberi kepastian.

Para jemaah tengah melaksanakan ritual ibadah haji pada tahun 2020. Tahun ini Pemerintah Kerajaan Arab Saudi memutuskan kembali akan menggelar ibadah haji namun akan dilaksanakan dengan
Para jemaah tengah melaksanakan ritual ibadah haji pada tahun 2020. Tahun ini Pemerintah Kerajaan Arab Saudi memutuskan kembali akan menggelar ibadah haji namun akan dilaksanakan dengan "situasi khusus" (AFP)

Dirinya mengatakan Indonesia masih menunggu keputusan dari Pemerintah Arab Saudi.

"Dalam pengumuman tersebut belum menyebutkan teknis, baru 'keinginan kuat'. Makanya bahasanya menggunakan 'Azam'. Kita menunggu saja," tutur Endang.

Menurut Endang, nasib yang sama juga dialami oleh negara-negara lainnya. Dirinya mengatakan saat ini seluruh negara telah menunggu keputusan yang lebih teknis dari Pemerintah Arab Saudi.

"Belum tahu, kan semua negara masih menunggu pengumuman selanjutnya secara teknis dan mekanismenya," pungkas Endang.

Pemerintah Kerajaan Arab Saudi akhirnya memastikan akan menggelar ibadah haji pada 2021 atau 1442 Hijriyah.

Dalam pengumumannya, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menyatakan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini akan dilaksanakan dengan "kondisi khusus" demi melindungi jemaah dari penyebaran virus corona (Covid-19).

"Otoritas kesehatan Kerajaan terus memantau situasi dan mengambil semua tindakan untuk memastikan keselamatan bagi semua," kata juru bicara Kementerian Haji dan Arab Saudi, dikutip dari Arab News, Senin (10/5/2021).

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved