Ibadah Haji 2022

Keajaiban Kurma Ajwa, Kurma Nabi Disebut Buah dari Surga  Penangkal Racun, Hanya Ditanam di Madinah

Kurma Ajwa mungkin menjadi buah paling istimewa bagi umat Islam. Apa saja keistimewaan buah yang biasa juga disebut kurma nabi ini?

Penulis: Aji Bramastra
Tribunnews.com/Aji Bramastra
Pekerja Castle Farm, sebuah perusahaan kurma di Madinah, Arab Saudi, tengah mengemas kurma Ajwa atau kurma Nabi sebelum diekspor ke berbagai negara termasuk Indonesia, Sabtu (24/7/2022). Kurma Ajwa merupakan buah yang digemari umat Islam dunia, karena direkomendasikan oleh Nabi Muhammad dalam hadits sebagai buah dari surga dan sebagai penangkal racun atau penyakit. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aji Bramastra dari Arab Saudi

TRIBUNNEWS.COM, MADINAH - Kurma Ajwa mungkin menjadi buah paling istimewa bagi umat Islam.

Maklum, buah yang satu ini khasiatnya dijanjikan langsung oleh manusia paling diteladani umat Islam dari penjuru dunia, yakni Nabi Muhammad SAW itu sendiri.

Dalam Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim, diriwayatkan hadits dari Sahabat Sa’ad bin Abi Waqqash, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda,

Baca juga: Manfaat Konsumsi Kurma: Tingkatkan Kesehatan Jantung hingga Bantu Pencernaan

“Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir,”.

Dikisahkan, Nabi Muhammad memang begitu menggemari kurma yang pertama kali ditanam di wilayah Aliyah, sekitaran Masjid Quba, Madinah itu.

Rasul bahkan menanam pohon kurma jenis ini.

Saking istimewanya, dalam hadits lain, Rasul mengatakan, kurma Ajwa merupakan buah dari surga.

“Kurma ajwa itu berasal dari surga, ia adalah obat dari racun.” HR Ibnu Majah dari Sahabat Jabir bin Abdillah dan Abi Sa’id, dan At-Tirmidzi dari Abu Hurairah.

Berbagai manfaat kurma Ajwa mudah ditemukan dalam banyak literasi.

Halaman
1234
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved