Ibadah Haji 2022

Wamenag Minta Para Jemaah Makin Cinta NKRI Sepulang dari Beribadah Haji

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi mengimbau jemaah haji sepulang dari Tanah Suci semakin mencintai Indonesia.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Dewi Agustina
media center haji
Wakil Menteri Agama RI, Zainut Tauhid, saat berkunjung ke hotel jemaah haji Indonesia di sektor 5 Mekkah, Minggu (3/7/2022). Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi mengimbau jemaah haji sepulang dari Tanah Suci semakin mencintai Indonesia. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi mengimbau jemaah haji sepulang dari Tanah Suci semakin mencintai Indonesia dan menyayangi sesama makhluk.

Menurut Zainut Tauhid Sa'adi, rasa cinta tersebut harus semakin besar sepulangnya dari Tanah Suci.

"Saat di Arab, bapak ibu kangen tidak dengan Indonesia? Tentu kangen ya Pak, Ibu? Itu artinya Bapak dan Ibu cinta dengan Indonesia, cinta dengan NKRI," ujar Zainut Tauhid Sa'adi melalui keterangan tertulis, Jumat (29/7/2022).

"Meski kita tahu bahwa banyak tempat tempat-tempat yang mustajab, banyak tempat yang luar biasa di Saudi, namun ketika kita ingat tanah air, kita sadar betapa luar biasanya Indonesia," tambah Zainut.

Baca juga: Jadwal Kepulangan Jemaah Haji Indonesia 29 Juli 2022

Dirinya juga mengimbau para jemaah semakin meningkatkan rasa sayangnya terhadap sesama makhluk. Karena itulah salah satu tauladan yang Nabi contohkan dalam setiap perilakunya.

"Sebagai haji yang mabrur juga meningkatkan rasa sayang kita kepada sesama umat manusia. Sayang sesama tetangga, saudara, dengan semakin terus menebarkan cinta dan kedamaian dengan ucapan yang baik, jangan menyakiti saudara kita," imbaunya.

Menurutnya, salah satu ciri haji mabrur yang tidak kalah penting adalah selalu peduli dan membantu sesama dengan memberikan kelonggaran pada saudara-saudara atau orang sekitar yang membutuhkan.

Selain itu, dirinya berpesan bahwa agar jemaah tetap menjaga kesehatan. Karena, saat ini pandemi belum juga berakhir.

"Setelah saat ini, Bapak Ibu kembali ke keluarga dengan bahagia, sampaikan salam saya. Semoga diberikan kesehatan dan keselamatan. InsyaAllah dalam kondisi yang baik dan niat ibadah kita," kata Zainut.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved