Memberontak, Pasukan Elite Yaman Serang Kemhan

Ratusan anggota tentara elite Yaman, Garda Republik yang setia kepada mantan presiden Yaman, Ali Abdullah Saleh, serang Kementerian Pertahanan

Memberontak, Pasukan Elite Yaman Serang Kemhan
CNN
Ali Abdullah Saleh

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Samuel Febriyanto

TRIBUNNWES.COM, JAKARTA - Ratusan anggota tentara elite Yaman, Garda Republik yang setia kepada mantan presiden Yaman, Ali Abdullah Saleh, melancarkan serangan di gedung Kementerian Pertahanan di dekat pusat ibu kota Sanaa, di hari Selasa (14/8/2012), kemarin.

Menurut seorang pejabat Kementerian Pertahanan Yaman, akibat serangan tersebut, empat orang tewas, dan sembilan orang lainnya terluka. Pemerintah Yaman, melalui Kementerian Dalam Negeri, mengerahkan 240 orang tentara untuk mengakhiri serangan tersebut.

"Para pemimpin senior militer ikut turun tangan untuk membantu mengakhiri bentrokan, setidaknya untuk sementara," ujar seorang pejabat senior di Departemen Pertahanan, seperti dikutip dari CNN, Rabu (15/8/2012).

Seorang saksi mata mengatakan, 
kontak senjata antara petugas keamanan Departemen Pertahanan dengan ratusan pasukan Garda Republik berlangsung hingga sore hari, dimana ledakan terdengar di sekitar area konflik. Kontak senjata sempat meluas ke pusat kota.

Para penduduk sekitar coba menjauh dari pusat konflik, namun tak kuasa melakukannya, lantara peluru bertebrangan di sekitar kediaman mereka.

Ali Abdullah Saleh, presiden Yaman, terdahulu mengundurkan diri dari jabatannya pada tahun ini, akibat pecahnya konflik antara pendukung dan penentangnya. Putranya, Ahmed Ali Saleh diketahui merupakan kepala Garda Republik.

Tokoh oposisi Yaman telah menyerukan pemecatannya selama berbulan-bulan.
(cnn)

Penulis: Samuel Febrianto
Editor: Gusti Sawabi
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved