Kru Mogok, Ratusan Penerbangan Lufthansa Batal

Ratusan penerbangan maskapai Jerman, Lufthansa, harus dibatalkan akibat aksi mogok

Kru Mogok, Ratusan Penerbangan Lufthansa Batal
The Guardian/Getty Images/AFP/Christof Stache
Pesawat-pesawat milik maskapai Jerman, Lufthansa, yang menganggur di Munich, Jerman, karena aksi mogok pilot pesawat. (The Guardian/Getty Images/AFP/Christof Stache) 

TRIBUNNEWS.COM, FRANKFURT - Ratusan penerbangan maskapai Jerman, Lufthansa, harus dibatalkan akibat aksi mogok kerja kru pesawat maskapai tersebut soal efisiensi pengeluaran perusahaan.

Tepatnya, sekitar 929 dari 3.000 jadwal penerbangan akan terganggu, di mana hal itu akan berdampak pada 113 ribu penumpang di bandara Frankfurt, Dusseldorf, dan Munich.

Dikutip The Guardian, aksi pemogokan dan gangguan jadwal akan terjadi Senin (9/11/2015) ini, dari pukul 3.30 hingga 10.00 waktu setempat, sedangkan di Munich dari pukul 3.30 hingga 11.00.

Reuters mengatakan pemogokan kru pesawat ini sudah dilakukan sejak Jumat (6/11/2015) dan menjadi pemogokan pegawai terlama yang pernah dialami maskapai tersebut.

Pemogokan dilakukan setelah pihak Lufthansa mengutarakan akan melakukan efisiensi pengeluaran perusahaan, demi bisa berkompetisi dengan maskapai penerbangan murah lainnya.

Menurut perusahaan itu, sistem pensiun dini yang diberlakukan oleh Lufthansa sangat boros ongkos, sehingga efisiensi dan perubahan dilakukan, yang kemudian berefek pada gaji serta persyaratan pensiun dini.

Melalui aksi mogok kerja ini, para kru pesawat menuntut agar sistem persyaratan pensiun dini karyawan Lufthansa tidak diubah.

Senin ini, rencananya para pejabat tinggi perusahaan itu akan membicarakan soal konsekuensi atas aksi pemogokan kerja tersebut. (The Guardian/Reuters)

Penulis: Ruth Vania C
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved